Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya

Rabu, 16 Juni 2021 - 12:00 WIB
loading...
Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya
BMW X7 menggunakan velg buatan Vossen yang tidak hanya mempercantik penampilan tapi juga performa dan handling. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Keunikan daya tarik sebuah mobil tidak hanya dilihat dari bodinya saja, tetapi juga bisa dari velg. Tak sedikit pemilik mobil yang mengubah eksterior satu ini agar mencuri banyak mata di jalan.

Tetapi yang perlu diketahui, velg mobil memiliki jenisnya tersendiri. Tak hanya untuk pemampilan, tetapi velg juga berpengaruh terhadap akselerasi dan handling mobil.



Berikut ini beberapa jenis velg mobil, yang dikategorikan berdasarkan bahan material pembuatannya, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021).

Velg baja
Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya


Jenis velg yang terbuat dari baja biasanya lebih dikenal dengan sebutan velg kaleng, karena bentuknya yang mirip kaleng. Padahal, pembuatannya menggunakan baja yang merupakan perpaduan material (alloy) besi dan karbon.

Velg baja merupakan salah satu jenis terkuat dibanding jenis material velg lainnya. Tapi harus diingat, material baja berimbas pada berat roda dan tentunya memengaruhi performa mobil.

Selain itu jenis ini memiliki fleksibilitas desain yang minim. Artinya, bentuk dari velg baja cenderung monoton sehingga terlihat seperti kaleng.

Velg alumunium
Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya


Velg yang terbuat dari aluminium cukup populer, sebagai pengganti velg jenis baja yang identik dengan mobil klasik atau retro. Velg alumunium (alloy) terdiri dari paduan alumunium, magnesium, dan nickel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2461 seconds (0.1#10.140)