Tips Membedakan Velg Mobil yang Orisinal dan Replika

Senin, 12 Juli 2021 - 23:45 WIB
loading...
A A A
Hendra menjelaskan, ada 2 faktor yang menjadi pembeda antara velg replika dan orisinal. Biasanya dari harga dan kualitas. “Velg replika biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan velg orisinalnya. velg orisinal harganya pasti lebih tinggi karena melibatkan banyak proses. Mulai dari proses konsep desain, riset bahan, pengujian kekuatan, hingga proses produksi. Tahap-tahap ini sangat memakan waktu dan biaya. Sedangkan replika hanya menduplikasi desain velg orisinal dan diproduksi kembali dengan metode casting agar menekan harga yang lebih murah,” ucap Hendra.

Tips Membedakan Velg Mobil yang Orisinal dan Replika


“Faktor kedua adalah sisi kualitas. Demi menekan biaya, biasanya velg replika cenderung kompromi di bahan, metode produksi, quality control, dan finishingnya kurang rapi dibandingkan velg asli,” sambung Hendra.

Pada dasarnya, penggunaan velg TW atau replika itu tidak ada yang melarang, karena memang itu adalah hak masing-masing pengguna. Namun menjaga keamanan pada saat berkendara adalah kewajiban setiap pengguna jalan. Jadi, kalau ada yang orisinal dan berkualitas dengan standar SNI, JWL, VIA seperti HSR Original, akan lebih baik menggunakan orisinal bukan?



Sebagai brand velg mobil asli Indonesia, HSR memiliki Original Design yang disebut sebagai HSR Original. HSR Original sendiri merupakan bagian dari HSR Wheel yang dikhususkan memuat desain-desain orisinal dari HSR. Saat ini HSR Original sudah memiliki beberapa series velg dengan desain asli yang dibuat dan diimplementasikan oleh tim R&D HSR Wheel.

“HSR Original kita terbagi beberapa series, mulai dari Myth Series, NX Series, Boroko Series, Invation Series, RAI-S Series, dan sebentar lagi akan keluar FE Series. Beberapa diproduksi dengan metode casting, dan beberapa lainnya metode forging. Dari segi harga, tentu saja jenis casting memiliki harga yang lebih murah dibanding forged. Karena proses pembuatannya sendiri sudah berbeda,” tambah Hendra.

“HSR Kailolo dari NX Series, HSR Myth 05 dari Myth Series, dan HSR Gymkana dari Boroko Series adalah velg orisinal yang saat ini sedang banyak permintaan. Dengan manufacturing capability yang berkualitas, tentu saja masyarakat akan mendapatkan kepuasan yang sesuai dengan harapannya,” tutup Hendra.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9052 seconds (0.1#10.140)