Memprediksi Nasib Lalat Setelah Keluar dari Dalam Mobil yang Tengah Ngebut

Kamis, 05 Agustus 2021 - 07:00 WIB
loading...
Memprediksi Nasib Lalat Setelah Keluar dari Dalam Mobil yang Tengah Ngebut
Lalat kerap terjebak di dalam kabin mobil dan kerap mengganggu pengemudi. Foto/Jalopnik.
A A A
JAKARTA - Pengalaman ini tentu bukan hal yang asing bagi pemilik kendaraan roda empat. Bisa jadi hal ini sangat sering dialami oleh pemilik mobil. Saat asyik mengendarai mobil tiba-tiba saja ada lalat yang terbang di dalam kabin mobil.

Mau tidak mau lalat tersebut diusir dengan cara membuka jendela mobil. Tentu tidak akan masalah jika mobil tengah berada dalam kecepatan rendah. Bagaimana jika lalat tersebut diusir keluar dari mobil yang tengah berada dalam kecepatan tinggi? Selamat kah lalat tersebut?



Logikanya dengan badan yang sekecil itu tentu lalat akan mengalami banyak hal tragis apabila keluar dari jendela mobil yang tengah ngebut. Badannya yang ringkih dan sayap yang tipis tentu bisa hancur lebur diterpa angin berkekuatan besar.

Memprediksi Nasib Lalat Setelah Keluar dari Dalam Mobil yang Tengah Ngebut


Nyatanya hal itu justru sama sekali tidak akan terjadi. Dr Wes Watson, Professor of Entomology dari NC State University mengatakan bahwa lalat itu akan selamat. Sama sekali tidak akan hancur meskipun keluar dari jendela mobil yang tengah ngebut dan langsung dihantam angin berkekuatan tinggi.

Sebagai peneliti serangga Dr Wes Watson malah mengaku pernah melihat langsung kemampuan bertahan lalat dari terpaan angin berkekuatan besar seperti tornado dan badai. Namun ada syaratnya, yakni saat menghadapi terpaan angin tersebut lalat tidak langsung terbentur dengan objek padat.

Hal ini terjadi karena anatomi lalat memang sangat mendukung untuk bertahan dari jenis impak tersebut. Tubuh lalat justru diciptakan untuk mampu bertahan dari tekanan ekstrem. Saking mampunya bertahan, Dr Wes Watson mengatakan umur lalat bisa dihitung melalui kondisi sayapnya.



Memprediksi Nasib Lalat Setelah Keluar dari Dalam Mobil yang Tengah Ngebut


Jika kondisi sayapnya sudah terlihat sedikit terkoyak dan terfragmentasi itu menunjukkan usia lalat yang sudah sangat tua. Artinya sayap itu sudah sangat lama bertahan melewati berbagai cobaan yang ada di alam.

Dia juga mengatakan kaki-kaki lalat memiliki struktur, yang dikenal sebagai tenent setae. Struktur itu membuat lalat bisa mencengkeram bidang datar selicin apa pun. Termasuk body mobil dan kaca mobil. Jadi ketika mereka terlempar keluar dari dalam mobil mereka bisa mencengkeram bagian luar mobil melalui kaki-kaki mereka yang tangguh.

"Jadi mereka akan selalu selamat," jelas Dr Wes Watson.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3416 seconds (0.1#10.140)