Periksa 5 Komponen Ini Jika Terdengar Bunyi Jeduk di Bagian Suspensi Mobil

Selasa, 17 Agustus 2021 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Ternyata, komponen ini juga bisa menjadi penyebab kaki-kaki mobil bunyi jeduk-jeduk ketika karenanya sudah menipis. Untuk mengatasinya, segera ganti karet bushing arm tersebut.

3. Bushing Stabilizer

Penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk gluduk selanjutnya datang dari komponen bushing stabilizer. Komponen ini bertugas menahan getaran dari link stabilizer agar tidak merambat ke chassis mobil.



Namun, bushing stabilizer pun bisa longgar, tipis, atau bahkan rusak karena faktor lama penggunaan. Tidak ada cara perbaikan jika bushing stabilizer aus, satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.

4. Shock Breaker

Selain tiga komponen di atas, shock breaker yang mati juga bisa menyebabkan bunyi jeduk ketika melintas di jalan rusak. Tetapi perlu dipastikan dahulu shock breaker benar-benar rusak karena untuk mengganti baru harganya cukup lumayan.

Cara untuk mengetahuinya, coba lakukan quick check dengan merasakan ayunan shock breaker. Saat melalui jalanan yang tidak rata, coba rasakan ayunan shock breaker, bila terasa ayunan naik-turun setelah melalui jalanan tidak rata, bisa dipastikan shock breaker mobil telah rusak.

5. Karet Support

Jika ternyata kondisi shock breaker mobil Anda baik-baik saja, bisa jadi bunyi gluduk disebabkan dari ausnya karet support. Komponen ini tepat berada di atas shock breaker dan terhubung langsung ke bodi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)