Ini Pentingnya Menjaga Jarak Aman Saat Berkendara di Jalan

Minggu, 05 September 2021 - 21:20 WIB
loading...
Ini Pentingnya Menjaga Jarak Aman Saat Berkendara di Jalan
Pentingnya jarak aman supaya tidak terjadi kecelakaan beruntun. Kebanyakan kecelakaan akan terjadi karena kendaraan tidak bisa berhenti tepat waktu. Foto: dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Semua pengemudi mobil dan motor harus tahu jarak aman yang dibutuhkan saat berkendara. Saat belajar mengemudi, biasanya akan disarankan untuk menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan.

Hanya saja tidak dijelaskan secara terperinci berapa jarak aman yang perlu diterapkan. Pentingnya menjaga jarak sangat diperlukan. Berikut ini alasannya, dilansir dari laman Suzuki, Minggu (5/9).



Menghindari Kecelakaan

Pentingnya jarak aman supaya tidak terjadi kecelakaan beruntun. Kebanyakan kecelakaan akan terjadi karena kendaraan tidak bisa berhenti tepat waktu meskipun pengemudi sudah menekan pedal rem.

Penyebab utamanya karena jarak yang terlalu dekat, bagaimanapun mengerem pasti akan mengenai kendaraan di depan. Risiko kecelakaan beruntun lebih tinggi.

Menghindari Blind Spot

Jarak antar mobil depan belakang akan mempermudah kendaraan di depan melihat keberadaan mobil di belakangnya. Apabila jarak mobil terlalu dekat, maka mobil di bagian depan tidak akan bisa melihat meskipun menggunakan spion.

Titik blind spot inilah yang harus dicegah supaya kendaraan di depan bisa lebih aman jika ingin melakukan pengereman mendadak atau menyalip kendaraan di depannya.

Dua alasan ini cukup penting untuk tetap mempelajari jarak aman yang wajib diterapkan pada saat berkendara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)