Kiamat Buat Mobil Hybrid, California Wajibkan Kendaraan Nol Emisi 2030

Minggu, 26 September 2021 - 14:35 WIB
loading...
Kiamat Buat Mobil Hybrid, California Wajibkan Kendaraan Nol Emisi 2030
Mulai 2030 mendatang, negara bagian California, Amerika Serikat akan mewajibkan semua kendaraan otonom ringan (AV) untuk mengeluarkan nol emisi. Foto/dok
CALIFORNIA - Mulai 2030 mendatang California, Amerika Serikat, akan mewajibkan semua kendaraan otonom ringan (AV) untuk mengeluarkan nol emisi.

Mengutip The Verge, Minggu (26/9/2021) aturan ini baru diresmikan beberapa waktu lalu oleh Gubernur Gavin Newsom.

Ia menandatangani undang-undang yang disponsori oleh kelompok lingkungan yang pada akhirnya akan melarang kendaraan otonom bertenaga gas dan hibrida beroperasi di California.

BACA: Inggris Ubah Langkah Kaki Jadi Energi Listrik



Ini menjadi langkah dari Newsom untuk membatasi penjualan dan penggunaan kendaraan mesin pembakaran internal di tengah upaya mengendalikan emisi gas rumah kaca.

Tahun lalu, ia ditekahui menandatangani dua perintah eksekutif. Salah satunya mewajibkan semua truk dan van komersial yang dijual di negara bagian tersebut menjadi nol-emisi mulai 2045. Dan mewajibkan penjualan kendaraan penumpang nol-emisi pada 2035.

California adalah negara bagian pertama di AS yang melarang penjualan hampir semua kendaraan berbahan bakar fosil.

BACA JUGA: Pemburu Harta Karun Temukan Timbunan Emas Kuno di Denmark

Setidaknya 15 negara bagian telah mengikuti jejaknya, dengan meloloskan langkah-langkah serupa yang akan diterapkan pada truk, van, dan bus tugas berat.

California menjadi pasar kendaraan terbesar di AS, dengan hampir 15 juta kendaraan terdaftar di jalan.



AV hanya menyumbang sebagian kecil dari jumlah total itu, tetapi beberapa ahli memperkirakan jumlah tersebut akan bertambah seiring AV menjadi lebih mampu dan perusahaan bergerak untuk mengkomersialkan penggunaannya.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE