Ciri-Ciri Busi Motor Harus Diganti, Perhatikan 5 Tanda Ini

Senin, 25 Oktober 2021 - 16:03 WIB
loading...
Ciri-Ciri Busi Motor Harus Diganti, Perhatikan 5 Tanda Ini
Seperti juga komponen motor pada umumnya, busi juga memiliki jangka waktu pemakaian. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri busi motor harus diganti biasanya akan terlihat ketika mesin akan dihidupkan. Sulitnya menghidupkan mesin motor menjadi satu pertanda bahwa ada masalah sistem pembakaran yang disebabkan oleh busi.

Seperti juga komponen motor pada umumnya, busi juga memiliki jangka waktu pemakaian. Biasanya, pemakaian busi dihitung sekitar 6.000 kilometer sekali atau pada masa dua kali penggantian oli mesin.

Namun adakalanya pemilik motor lupa untuk mengganti busi dengan alasan mesin masih dapat dihidupkan. Pemilik motor baru akan sadar ketika sepeda motornya mogok di tengah jalan atau sulit dihidupkan.



Agar tidak mengalami mogok di tengah perjalanan, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri busi motor harus diganti. Berikut tanda-tanda busi minta diganti yangn dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Tanda-tanda busi motor minta diganti akan terlihat ketika sepeda motor sulit dihidupkan, baik menggunakan elektrik starter atau kick starter. Ini terjadi karena busi sudah tidak bisa memberikan pengapian yang baik sehingga tidak cukup ada percikan di ruang bakar.

2. Tarikan Motor Tak Responsif

Ciri lainnya ketika motor sudah berjalan adalah tarikan gas kurang responsif. Kurang bagusnya percikan api yang dihasilkan busi membuat pembakaran di ruang mesin tak sempurna sehingga motor terasa tidak langsam ketika gas digeber.

3. Suara Mesin Berebet
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4502 seconds (0.1#10.140)