Astra Ajak Wartawan dan Bloger Jelajah Virtual Desa Sejahtera Temanggung Penghasil Kopi

Sabtu, 27 November 2021 - 09:33 WIB
loading...
A A A
Tak hanya itu saja, ia juga menjadi fasilitator di beberapa Desa Temanggung di bidang kopi dan pariwisata dan juga peternakan. “Program Desa Sejahtera Astra di Temanggung mulai dari empat desa sekarang sudah bergerak menjadi 14 desa. Ada ekraf, pariwisata, peternakan dan kuliner. Saat ini sebagai pemuda bersama tim, saya terus mengembangkan jaringan-jaringan pengembangan pola pertanian yang modern serta mengembangkan partnership,” katanya.

Salah satunya adalah Desa Muncar Moncer yakni sebuah desa Desa Wisata yang berada di Kecamatan Gemawang, Kabupetan Temanggung, Jawa Tengah di mana pengembangan budidaya kopi terus dilakukan untuk menyejahterakan masyarakat dan petani di sana.

“Muncar sendiri artinya bercahaya dan moncer artinya kejayaan. Sejak zaman VOC desa ini memang sudah dijadikan sebagai desa pengembangan tanaman kopi. Kopi sendiri dulunya menjadi tanaman pelarian, namun saat ini kopi menjadi tanaman agriculture andalan dan dari waktu ke waktu kopi terus memberikan value tambah bagi para petani Temanggung,” tuturnya.

Desa Sejahtera Astra Temanggung, selain kopi juga mengembangkan beberapa destinasi pariwisata sehingga konsep agriwisata dengan konsep pariwisata berbudaya menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dari wilayah atau keseharian masyarakat sebagai petani kopi. Wisata sendiri menjadi pintu masuk bagaimana kopi robusta Muncar Moncer yang mempunyai rasa unik .

“Tekad kami intinya ingin menempatkan para petani di lintas generasi X, Y, Z menjadi petani yang berharkat, bermartabat dan berdaulat. Bagaimana kami bisa mengisi ruang-ruang pertanian menjadi anak muda tertarik sehingga kami terus mentranformasikan pengembangan kopi mempunya nilai dan rasa yang lebih,” ucapnya.

Astra Ajak Wartawan dan Bloger Jelajah Virtual Desa Sejahtera Temanggung Penghasil Kopi


Foto IG @Muncar_muncer kopi

Tak hanya kopi, di Desa Muncar Moncer sendiri juga mengembangkan nila aren di mana dalam proses produksinya, Achmad mengajarkan kepada para ibu kelompok tani di sana untuk membuat gula aren dan menciptakan produk-produk turunannya. Selain itu, Desa Muncar Moncer juga mengembangkan tempat wisata salah satunya dusun tertinggi di Muncar yaitu Dusun Blawong.

“Jika wisatawan berkunjung, selain bisa menikmati kopi, juga akan disuguhkan oleh panorama yang luar biasa dengan melihat pemukiman yang berada di tebing lereng lembah,” ucapnya.

Astra Ajak Wartawan dan Bloger Jelajah Virtual Desa Sejahtera Temanggung Penghasil Kopi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)