Ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum, Anti Gagal!

Jum'at, 18 Februari 2022 - 15:02 WIB
loading...
Ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum, Anti Gagal!
Cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengikuti trik ini. Foto/Auto2000
A A A
JAKARTA - Cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengikuti trik yang akan dipaparkan ini. Jadi jangan buang aki kering mobil Anda sebelum mencoba cara ini.

Aki merupakan komponen penting untuk menyalakan sistem kelistrikan mobil, mulai dari stater hingga audio dan komponen vital lainnya. Jadi aki ini harus tetap mendapat perhatian agar seluruh komponen kelistrikan bisa bekerja optimal.

Lalu apa jadinya jika aki kering yang Anda gunakan dikendaraan tidak bisa menyimpan setrum dengan baik? Jika dibawa ke bengkel pastinya Anda diminta untuk mengganti aki kering tersebut.

Padahal jika mau sedikit berusaha, aki kering tersebut masih bisa diperbaiki sendiri di rumah. Jadi Anda tidak perlu keluar uang ekstra untuk membeli aki baru.



Banyak yang belum tahu kalau cairan di dalam aki kering berwujud gel. Penguapan gel ini termasuk sangat minim sehingga volume aki kering tetap terjaga tanpa perlu perawatan khusus.

Fungsi aki sendiri cukup banyak, mulai dari mengatur pengapian hingga menunjang daya listrik berbagai komponen sistem kelistrikan mobil. Jika aki kering sudah tidak menyimpan setrum, berikut cara memperbaikinya yang dikutip dari situs resmi Auto2000:

1. Lepas Aki

Langlah pertama yang harus dilakukan adalah melepas aki dari mobil. Anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak terjadi masalah seperti korsleting yang bisa pengaruhi komponen mobil.

Lepas kepala aki mulai dari negatif dahulu baru ke positif. Lalu keluarkan aki dari boks dengan hati-hati.

2. Buka Penutup Aki

Setelah aki kering diturunkan dari mobil, Anda bisa membuka penutup aki. Sekaligus juga buka penutup karetnya. Jika semuanya sudah terbuka, maka Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.



3. Isi dengan Air Zuur

Sebelum melakukannya, ada baiknya Anda sudah menyiapkan air zuur dan alat suntikan besar untuk mengisi air tersebut ke aki kering. Pastikan air zuur yang Anda beli sudah benar dengan memperhatikan tutup botolnya yang berwarna merah.

Anda bisa suntikan air zuur dengan hati-hati sesuai dengan batas maksimalnya. Karena volume yang berlebih malah akan merusak aki kering tersebut.

Secara ilmiah, air zuur berisi asam sulfat yang disebut sebagai H2SO4. H2SO4 ini mengandung elektrolit yang dapat menyimpan dan menghantarkan arus listrik.

4. Tutup Aki Kembali

Sekarang tutup kembali aki kering secara rapat. Pastikan penutup karetnya telah menutup aki dengan sempurna supaya tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.



5. Pasang Kembali Kabel

Seperti langkah pertama melepas aki, Anda melakukan sebaliknya. Pasang dahulu kabel positif lalu lanjut kabel negatifnya. Pastikan kabel positif dan negatif terpasang dengan sempurna agar arus listrik dapat mengalir maksimal.

6. Coba Hidupkan Mesin

Langkah terakhir yang Anda lakukan adalah menghidupkan mesin mobil. Dalam penghidupan mesin ini, pastikan RPM stationer mesin tidak berada di bawah 600 RPM.

Jika RPM berada di bawah 600, maka pengisian daya aki masih belum maksimal. Sebaliknya, jika sudah di atas 600 RPM, Anda telah berhasil memperbaiki masalah ini. Selamat mencoba!
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2818 seconds (0.1#10.140)