Begini Cara Merawat Aki Motor yang Jarang Dipakai, Dijamin Tokcer!

Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:02 WIB
loading...
A A A


2. Periksa Aki Secara Rutin

Cara berikutnya untuk merawat aki motor yang jarang dipakai adalah dengan rutin memeriksa aki. Ketika aki motor mengalami masalah seperti soak misalnya, Anda harus tetap memeriksanya terlebih dahulu.

Jangan langsung berasumsi bahwa ketika aki soak, Anda harus membeli yang baru. Anda perlu memeriksa keadaan aki motor ke bengkel untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi, karena bisa saja aki motor Anda memiliki masalah pada bagian pengisian daya listrik yang masuk ke aki.

Selain itu, untuk Anda yang menggunakan aki basah, Anda juga harus rutin untuk memeriksa volume air aki secara berkala. Jangan sampai tiba-tiba ketika Anda memeriksanya, air aki sudah habis.

Hal tersebut selain akan merusak aki, juga akan berdampak pada komponen kelistrikan pada motor yang terganggu. Selalu tambahkan air aki ketika volume air sudah mencapai tanda batas minimal atau biasa disebut lower.



3. Jangan Asal Pasang Aksesoris

Cara selanjutnya untuk merawat aki motor yang jarang dipakai adalah dengan memperhatikan aksesoris yang dipasang pada motor . Biasanya hal ini terjadi pada anak-anak muda yang gemar memodifikasi motornya dengan berbagai macam aksesoris tambahan.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika menambahkan aksesoris pada motor seperti modifikasi lampu, klakson, dan aksesoris lain yang membutuhkan tenaga listrik, Anda harus memasangnya dengan benar dan teliti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2677 seconds (0.1#10.140)