Tips Merawat Cat Doff pada Sepeda Motor Agar Terlihat Baru Terus

Selasa, 22 Februari 2022 - 06:28 WIB
loading...
Tips Merawat Cat Doff pada Sepeda Motor Agar Terlihat Baru Terus
Merawat cat doff pada sepeda motor agar tak mudah pudar perlu diketahui agar tampilan tunggangan Anda terlihat seperti baru terus. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Merawat cat doff pada sepeda motor agar tak mudah pudar perlu diketahui agar tampilan tunggangan Anda terlihat seperti baru terus. Karena cat doff juga seperti cat pada umumnya yang akan cepat memudar karena terus terpapar matahari jika tidak mendapat perawatan.

Cat doff pada sepeda motor kini banyak ditawarkan produsen untuk terlihat lebih elegan. Namun sayang, banyak diantara kita yang kerap melakukan kesalahan dalam merawat cat doff pada sepeda motor kesayangan.

Jika ditelisik, banyak orang mengubah body motor dengan warna jenis doff yang dipoles layaknya cat metalik. Padahal, karakter cat doff dengan metalik jelas berbeda. Alhasil, sepeda motor kita malah tampak glossy alias mengilap.

Tak hanya itu, cat doff pada sepeda motor kita juga akan memudar bila sering terpapar sinar matahari. Karena itulah, tips merawat cat doff pada sepeda motor agar tak mudah pudar perlu diketahui dengan seksama.



Diolah dari berbagai sumber, simak 6 tips merawat cat doff pada sepeda motor berikut ini :

1. Hindari Sabun dengan Deterjen saat Mencuci Motor

Meski sepele, mencuci motor dengan cat doff menggunakan sabun yang mengandung deterjen bisa berakibat fatal.

Pasalnya, sabun yang mengandung deterjen memiliki sifat asam sehingga menyebabkan cat dua kali lebih cepat memudar.

Pada umumnya, cat doff tidak dilapisi zat vernis yang berfungsi mencegah pemudaran warna. Sebaiknya, pilihlah sabun dengan pH netral, seperti sampo khusus untuk kendaraan.

2. Gunakan Peralatan Mencuci yang Memiliki Tekstur Lembut

Tips kedua merawar cat doff pada sepeda motor dengan memperhatikan alat pemebersih. Penggunaan alat pembersih juga tak kalah penting untuk menjaga cat doff pada sepeda motor Anda agar tetap elegan.

Disarankan, gunakan kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci. Hal ini juga untuk menghindari timbulnya baret pada badan motor.



Jika terjadi baret akibat bergesekan dengan kotoran yang keras, sepeda motor cat doff justru terlihat mengilap.

3. Hindari Sinar Matahari saat Mencuci

Sengatan terik matahari juga berpengaruh pada estetika cat doff pada sepeda motor Anda lho. Karenanya, hindari mencuci motor di bawah sinar matahari langsung, agar cat tidak lekas pudar.

4. Gunakan Cairan Khusus untuk Menghilangkan Noda

Jika terdapat noda atau bercak di permukaan cat doff sepeda motor, Anda bisa menggunakan cairan khusus. Jangan khawatir, cairan tersebut banyak dijual di bengkel motor terdekat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama, semprotkan cairan itu, lalu lap badan motor secara perlahan dan sedikit ditekan hingga noda hilang.

5. Cat Ulang Badan Motor Jika Mengalami Baret

Jika badan motor Anda sudah mengalami baret, maka tidak bisa dipoles seperti halnya pada cat metalik. Hal ini hanya dapat diatasi dengan pengecatan ulang atau mengganti panel body motor Anda.



Akan tetapi, pengecatan juga tidak bisa hanya dilakukan pada area yang baret. Anda harus melakukan pengecatan pada satu panel agar tidak terlihat perbedaan warna.

6. Hindari Pemolesan Berbahan Dasar Minyak pada Baret Halus

Untuk baret halus, pemolesan bisa dilakukan pada cat doff sepeda motor kalian. Hanya saja, Anda disarankan menghindari penggunaan cairan pemoles dengan bahan dasar minyak.

Hal ini dapat memicu cat doff jadi mengilap. Sebaiknya gunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)