13 Istilah dalam Komunitas Motor Saat Touring, Bikers Wajib Tahu!

Minggu, 27 Februari 2022 - 20:05 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, road captain juga ditugaskan untuk mengurus masalah administrasi saat persiapan touring. Tak ketinggalan juga mengurus surat izin dari kepolisian untuk menyelenggarakan touring.

11. Safety Officer

Safety officer atau SO juga merupakan bagian penting ketika sedang ada agenda sunmori atau touring. Kewajiban seorang safety officer adalah untuk memastikan bahwa jalur touring yang akan dilewati oleh seluruh peserta aman.

Posisi safety officer umumnya berada di barisan depan setelah RC serta berkomunikasi dengan voorijder. Oleh sebab itu, seorang safety officer harus memahami mengenai bagaimana situasi jalanan yang akan dilewati.

12. Sweeper

Sweeper dalam sunmori artinya orang yang bertugas untuk mengatur barisan peserta touring dan memastikannya tetap lurus. Pada sebuah tim touring terdiri dari dua orang sweeper, yaitu yang bertugas di tengah dan belakang.

Posisi sweeper biasanya di tempatkan di sisi kanan agar lebih mudah jika mengatur barisan peserta. Selain itu, sweeper juga harus bisa berkoordinasi dengan SO untuk memperjelas perintah dan mengingatkan peserta.



13. Voorijder

Bagian berikutnya dari sebuah touring motor adalah voorijder. Voorijder berperan untuk mengatur kecepatan berkendara peserta. Voorijder menjalankan tugasnya dengan memperhatikan pertimbangan dari RC, sweeper, dan SO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)