Penyebab Kampas Kopling Mobil Cepat Aus, Mayoritas Karena Kesalahan Pengemudi

Minggu, 06 Maret 2022 - 14:17 WIB
loading...
A A A
4. Rumah kopling kemasukan oli
Sambungan carter oli yang mengalami kebocoran atau dari oli transmisi maupun seal crankshaft yang bocor memungkinkan oli masuk ke rumah kopling. Ini akan meminimalisir grip permukaan plat kopling dan membuatnya cepat habis.

Bila di dalam kopling ada tetesan oli biasanya ditandai dengan getaran saat mobil digas dan suara keras. Kalau sudah mengalami tanda-tanda seperti ini, maka segera lakukan pengecekan.

5. Terlalu sering menginjak kopling saat jalan lurus
Hal ini hampir mirip dengan menginjak setengah kopling, hanya saja ini dilakukan tanpa sadar. Bila punya kebiasaan meletakkan kaki kiri di atas kopling saat bekendara di jalan lurus bahkan di sepanjang perjalanan, baiknya segera dihilangkan.

Memang tujuannya untuk bersiap bila ada hambatan di depan. Sayangnya, tanpa sadar kebiasaan tersebut membuat jadi sering menginjak sedikit pedal kopling, sehingga menahan kekuatan yang ada pada pegas kopling.

Sebenarnya peran dari pegas kopling untuk membuat plat penekan memberi tekanan pada kampas kopling. Bila pegas ditahan, maka tekanan plat penekan pada kampas kopling jadi melemah.

Dengan begini, grip kampas kopling pun menjadi kurang kuat dan memicu terjadi selip. Selip itulah yang membuat permukaan kampas kopling jadi cepat terkikis atau habis.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)