Ciri-ciri Relay Starter Motor Rusak, Simak 3 Hal Ini!

Minggu, 06 Maret 2022 - 23:07 WIB
loading...
Ciri-ciri Relay Starter Motor Rusak, Simak 3 Hal Ini!
iri-ciri relay starter motor rusak bisa diketahui dengan mudah jika sudah memahami komponen yang terkait dengan starter. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri relay starter motor rusak bisa diketahui dengan mudah jika sudah memahami komponen yang terkait dengan starter. Dengan mengetahui ciri-ciri relay rusak, Anda bisa memperbaiki sendiri di rumah sehingga tidak perlu uang ekstra untuk membaanya ke bengkel.

Relay merupakan komponen listrik yang mempunyai 2 bagian yaitu, kumparan dan poin. Fungsi relay starter ini untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik agar motor starter bisa dihidupkan dengan tombol.

Seperti pada komponen lainnya relay starter juga bisa mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan ini disebabkan oleh usia pemakaian atau adanya korsleting pada sistem kelistrikan motor.



Berikut ciri-ciri relay starter motor rusak yang diolah dari berbagai sumber:

1. Motor Sulit Distarter

Ketika motor sulit distarter, banyak pemilik motor yang menyangka kalau masalahnya terjadi karena kerusakan di dinamo starter. Padahal dinamo starter merupakan salah satu komponen motor yang bandel.

Dinamo starter dirancang dengan durabilitas tinggi sehingga sangat jarang mengalami kerusakan. Jika meman ada masalah, biasanya ini karena brush atau arang yang harus diganti.

Namun jika arang dinamo starter sudah diganti namun mesin kendaraan belum juga hidup bisa jadi kerusakan berada di relay starter.

2. Aki Normal tapi Mesin Susah Hidup
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)