Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis dan Bisa Bikin Mesin Jebol

Jum'at, 18 Maret 2022 - 14:22 WIB
loading...
Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis dan Bisa Bikin Mesin Jebol
Dalam beberapa kasus, pengendara sepeda motor kerap mendapati oli di mesin motor mereka mendadak berkurang. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dalam beberapa kasus, pengendara sepeda motor kerap mendapati oli di mesin motor mereka mendadak berkurang. Biasanya ini ditandai dengan bunyi mesin yang kasar dari biasanya.

Jika mendapati mesin mengeluarkan suara kasar, segera cek oli mesin karena kemungkinan di situ penyebabnya. Karena jika dibiarkan lambat laun bisa membuat mesin bisa jebol dan beberapa onderdil harus diganti.

Agar tidak mengeluarkan biaya mahal untuk perbaikan, lebih baik selalu periksa ketinggian oli di dalam mesin secara berkala. Jangan lupa juga untuk mengganti oli mesin secara teratur sesuai pemakaian sepeda motor.

Berikut beberapa penyebab oli mesin cepat habis yang perlu diketahui beserta cara mengatasinya, melansir dari laman resmi Honda:



1. Seal Oli Bocor

Kebocoran pada seal oli bisa disebabkan oleh pengisian oli yang melebihi kapasitas dan umur dari seal oli itu sendiri. Hal ini akan menyebabkan ‘oil up’, dimana oli meluber lewat lubang pernafasan ke filter udara dan ruang karburator.

Untuk itu selalu pastikan pemasangan seal oli sudah benar dan tepat. Pastikan jumlah oli yang dimasukkan sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Ini juga berlaku untuk penggantian oli mesin, oli shockbreaker serta transmisi.

2. Piston dan Ring Aus

Ring piston yang sudah aus juga bisa menjadi salah satu penyebab oli motor cepat habis. Bila ring piston aus, maka ring piston akan menjadi kendur dan udara akan masuk ke ruang oli, dan menyebabkan turunnya tekanan kompresi mesin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)