Kenali 4 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Tetap Awet

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Pemilik kendaraan hanya perlu memberikan pelumas pada gear dan rantai motor secara teratur agar kedua komponen tersebut tetap basah.

Karena apabila kondisi gear dan rantai motor kering, hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada gear dan rantai motor.

3. Mengganti Gear dan Rantai Motor Apabila Kondisinya Sudah Tidak Layak Pakai
Cara merawat gear dan rantai motor yang selanjutnya adalah mengganti gear dan rantai motor ketika kondisinya sudah tak layak pakai.

Dalam hal ini, pemilik kendaraan harus memperhatikan kondisi dari gear dan rantai motor yang mengalami keausan dari suara gear dan rantai tersebut. Biasanya gear yang mengalami keausan mengeluarkan suara kasar.

Selain itu, kondisi gear dan rantai motor yang harus diganti bisa dilihat dari rantai motor yang sering terlepas ketika digunakan.

4. Jangan Menggunakan Oli Bekas untuk Melumasi Gear dan Rantai Motor
Cara merawat gear dan rantai motor yang berikutnya adalah hindari penggunaan oli bekas untuk melumasi gear dan rantai motor.
Hal ini sering terjadi ketika pemilik kendaraan memiliki oli bekas kendaraan yang tidak terpakai, kemudian menggunakannya untuk melumasi gear dan rantai motor.

Hal ini harus dihindari, karena oli bekas tersebut terdapat kotoran yang ada pada mesin, sehingga bisa menyebabkan gear dan rantai menjadi kotor. Demikian beberapa cara untuk merawat gear dan rantai motor agar tetap awet dan bertahan lama.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4882 seconds (0.1#10.140)