Ini Fungsi dan Cara Kerja Noken As, Pemilik Motor Wajib Tahu!

Sabtu, 09 April 2022 - 08:32 WIB
loading...
Ini Fungsi dan Cara Kerja Noken As, Pemilik Motor Wajib Tahu!
Pengguna sepeda motor tentunya harus mengetahui fungsi dan cara kerja noken as. Sehingga ketika ada kerusakan, pengguna sepeda motor bisa segera mencari solusinya. Foto/Suzuki
A A A
JAKARTA - Pengguna sepeda motor tentunya harus mengetahui fungsi dan cara kerja noken as . Sehingga, apabila ada kerusakan, pengguna sepeda motor bisa segera mencari solusinya.

Noken as yang hanya terdapat di sepeda motor spesifikasi empat tak ini merupaan komponen penting. Peranya bisa dikatakan sebagai juru kunci antara hidup dan matinya sebuah motor.

Letak Noken as sendiri berada pada bagian dalam mesin yang menghubungkan mesin dengan bahan bakar. Lalu apa fungsi dan cara kerja noken as? Berikut ulasanya seperti dikutip dari situs Suzuki :



1. Fungsi Noken As

Noken As merupakan pengatur buka tutup klep yang merupakan pintu masuk bahan bakat ke arah ruang bakar.

Fungsinya yaitu untuk mengatur pasokan bahan bakar ke arah ruang bakar agar bisa dihasilkan tenaga. Dengan demikian, besar kecilnya tenaga yang dihasilkan, sangat tergantung pada alat ini.

2. Cara Kerja Noken As

Cara kerja noken as yaitu mendorong dengan dua tonjolan yang digerakkan oleh rantai kamrat atau rantai keteng untuk mengatur dan menggerakkan katup atau klep.



Artinya, pada saat klep mendapat dorongan dari noken as, maka klep in akan terbuka. Saat itulah bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar.

Kemudian, tonjolan yang lain akan mendorong klep ex. Ketika klep ex terdorong, maka gas sisa pembakaran yang dihasilkan akan dibuang. Demikian seterusnya, cara kerja noken as ini terus berulang.

Itulah fungsi dan cara kerja noken as yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat!
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5162 seconds (0.1#10.140)