Musik Klasik Pengaruhi Mobil Listrik untuk Melaju Lebih Jauh

Sabtu, 09 April 2022 - 19:11 WIB
loading...
Musik Klasik Pengaruhi Mobil Listrik untuk Melaju Lebih Jauh
Musik klasik mampu membuat mobil listrik melaju lebih jauh. FOTO/ IST
A A A
SEOUL - Masing-masing dari kita memiliki daftar lagu yang harus dipasang di kendaraan saat bepergian, dan ada studi tentang pemilihan musik yang memang membantu atau memengaruhi perilaku mengemudi kita di jalan.

BACA JUGA - Daihatsu Akui Mobil Listrik Murah Buatan China Ancaman Terbesar Otomotif Jepang

Seperti dilansir dari Carscoop, Sabtu (9/8/2022), menurut Kia, penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model EV6 GT-Line S membuktikan bahwa pemilihan musik yang tepat juga mempengaruhi jarak mengemudi kendaraan listrik (EV) di dunia nyata.

Model Kia EV6 GT-Line S dipilih karena dilengkapi sound system Meridian Audio dengan 14 speaker, dan menariknya Kia menyebut sejumlah peserta yang belum memiliki pengalaman langsung mengendarai EV.

Kia meminta peserta mengendarai EV6 29 km melintasi jalan perkotaan, lingkungan, jalan terbuka dan jalan desa yang berkelok-kelok, dan semua diminta untuk mendengarkan daftar lagu yang telah ditentukan sebelumnya (Tycho - Awake, Adele - Hello, The Weeknd - Blinding Lights , Anna Meredith - Nautilus, Kanye West - Fade, dan Beethoven - Symphony No. 9 in D Minor, Op.125.) Pada pengaturan volume dan suara yang seragam.

Pada saat yang sama, Kia juga merekam data biometrik peserta menggunakan perangkat Empatica E4.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta mengemudi empat kali lebih efisien jika lagu Beethoven dimainkan dibandingkan dengan lagu lain dalam daftar, sedangkan lagu The Weeknd membuat mereka mengemudi lebih agresif dan mengurangi kapasitas baterai lebih cepat.


Studi ini dipantau oleh Dr. Duncan Williams, dosen di Fakultas Sains, Teknik, dan Lingkungan Universitas Salford, dan dia juga ahli dalam akustik, kebisingan, psikoakustik, dan ilmu suara.

“berdasarkan studi musik memang memiliki pengaruh besar pada jarak mengemudi kendaraan listrik di dunia nyata. Lagu yang berbeda mampu menghasilkan aktivitas elektrodermal yang berbeda dan peningkatan volume darah untuk setiap peserta. Singkatnya, jika Anda ingin melangkah lebih jauh, dengarkan lagu klasik yang menenangkan seperti Beethoven,'' tutur dr. Duncan,
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1479 seconds (10.101#12.26)