Ini Fungsi Filter Oli Motor, Jangan Sepelekan!

Jum'at, 15 April 2022 - 22:05 WIB
loading...
Ini Fungsi Filter Oli Motor, Jangan Sepelekan!
Fungsi filter oli motor ternyata sangat vital karena bisa memengaruhi kondisi mesin. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Fungsi filter oli motor ternyata sangat vital karena bisa memengaruhi kondisi mesin bermotor. Komponen ini juga perlu perawatan dan pergantian secara berkala agar performa mesin tetap terjaga.

Di tengah kondisi pandemi dan sulitnya mendapatkan rezeki membuat pemilik kendaraan bermotor kadang mengabaikan saran teknisi untuk mengganti filter oli. Dengan alasan masih bisa digunakan, pemilik kendaraan terkadang memaksa filter oli untuk terus digunakan.

Padahal seperti komponen lainnya, filter oli juga harus diganti secara berkala. Karena jika tidak, filter oli tidak bisa berfungsi maksimal dan mesin akan cepat rusak.

BACA : Ini Cara Bikin Motor Matic Panjang Umur, Awas Bisa Bikin Bengkel Bangkrut

Bagi Anda yang sering mengabaikan untuk mengganti filter oli harus tahu apa saja fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki filter oli yang dikutip dari situs resmi Suzuki:

1. Menyaring Kotoran pada Oli Mesin

Fungsi utama dari filter oli adalah untuk menyaring segala macam kotoran dari oli. Oli mesin yang digunakan terus menerus akan mudah terkontaminasi dengan kotoran. Karena digunakan secara berulang maka kualitas oli pun akan menurun dengan adanya kontaminan.

Saringan oli ini untuk mencegah kontaminan seperti karbon, gram besi atau kotoran lainnya tidak bercampur dengan mesin di dalamnya. Semua zat kontaminan akan terpisah dan oli yang digunakan untuk melumasi bagian-bagian mesin akan bekerja dengan lebih baik.

BACA JUGA : Arkeolog Temukan Catatan Gempa Terbesar di Chili 3.800 Tahun Lalu

2. Merawat Komponen Dalam Mesin
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1162 seconds (10.101#12.26)