4 Penyebab Busi Motor Cepat Mati, Waspadai!

Jum'at, 17 Juni 2022 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Penyebab busi motor cepat mati juga bisa diakibatkan kompresi mesin yang bocor. Dalam hal ini, kondisi kebocoran kompresi akan membuat tekanan di silinder ruang pembakaran menghilang.

Biasanya, kebocoran kompresi mesin ditandai dengan tenaga mesin yang ngempos atau loyo. Selain itu, bisa juga muncul tanda lain seperti sistem pembakaran yang tidak bekerja optimal, hingga komponen busi yang cepat mati atau rusak.

Baca juga : Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah yang Bikin Mesin Susah Hidup

3. Setelan Bahan Bakar yang Kurang Tepat

Terkadang, pengendara tidak menyadari setelan bahan bakar kendaraannya yang kurang tepat. Padahal, hal ini cukup berpengaruh pada kondisi motor kedepannya.

Setelan bahan bakar yang tidak pas akan berakibat pada hisapan bensin berlebih. Hasilnya, bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros dan komponen busi akan cepat mati karena tersiram bensin yang terlalu banyak.

Pengendara bisa memastikannya sendiri dengan melihat bagian elektroda busi. Kondisi busi akan terlihat basah apabila setelan bahan bakar motor kurang tepat. Alternatifnya, tentu pengendara harus menyetel ulang setelan bahan bakarnya.

4. Masalah pada Jalur Pengapian

Pada keadaan tertentu, jalur pengapian bisa mengalami masalah berupa korsleting. Biasanya, hal ini ditandai dengan kondisi motor yang tiba-tiba brebet.

Selain itu, korsleting ini juga bisa mengakibatkan busi menjadi lebih cepat rusak atau mati. Bahkan, untuk kemungkinan terburuknya bisa merambah ke komponen lain seperti koil dan CDI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)