Begini Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Kamis, 23 Juni 2022 - 12:34 WIB
loading...
A A A
3. Keluarkan Air Aki

Langkah berikutnya dari cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum adalah membuang air aki. Setelah penutup aki berhasil dibuka, keluarkan air aki menggunakan injector atau pipet yang telah disediakan.

Caranya mudah, cukup pasang injector di sel-sel aki dan tunggu hingga kondisi airnya tersisa 30 sampai 40 persen. Setelah itu pindahkan air aki ke tempat yang aman.

4. Mempersiapkan Magnesium Sulfat

Selain mempersiapkan magnesium sulfat, pemilik kendaraan juga harus menyiapkan air aki yang baru. Langkah pertama, larutkan USP Magnesium Sulfat dengan air panas. Setelah dipastikan larut, campurkan dengan air aki yang baru.

Selanjutnya, aduk campuran larutan tersebut hingga tercampur merata. Langkah terakhir, langsung saja tuangkan larutan tersebut ke sel-sel aki menggunakan injector atau pipet.

Baca juga : Bukan Hanya Aki Basah dan Kering, Ini 6 Jenis Aki Mobil...

5. Isi Baterai

Setelah semua prosesnya selesai, langkah terakhirnya adalah mengisi baterai. Lakukan pengisian menggunakan charger. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu sel-sel aki dalam keadaan terbuka. Tujuannya agar udara yang ada didalamnya bisa keluar.

Pada beberapa kasus, proses pengisian bisa berlangsung lama. Tergantung seberapa parah kerusakannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)