3 Penyebab Oli Mesin Motor Rembes, Kenali dan Waspadai!

Selasa, 28 Juni 2022 - 23:21 WIB
loading...
3 Penyebab Oli Mesin Motor Rembes, Kenali dan Waspadai!
Sedikitnya ada tiga penyebab oli mesin motor rembes yang wajib diwaspadai.Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga penyebab oli mesin motor rembes yang wajib diwaspadai. Dengan memahami ulasan ini, pengendara setidaknya bisa mengetahui beberapa hal yang bisa membuat oli motornya rembes.

Oli merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan. Selain berguna sebagai pelumas agar mesin motor bekerja dengan baik dan benar, oli ini juga memiliki fungsi lainnya. Terutama untuk menghindarkan terjadinya gesekan antar komponen mesin motor.

Baca juga : Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis dan Bisa Bikin Mesin Jebol

Dalam hal ini, pemilik kendaraan wajib untuk memeriksa kondisi oli secara berkala. Karena seringkali mereka tidak sadar akan masalah yang timbul dari komponen tersebut. Salah satunya adalah oli yang rembes.

Lantas, apa sajakah penyebab oli mesin motor rembes? Dilansir dari situs Astra Motor, berikut ulasannya :

1. Kerusakan Packing Mesin Motor

Pada penyebab ini, biasanya dipengaruhi oleh masa pakai motor yang sudah lama. Dalam hal ini, oli bisa merembes melalui sela-sela packing mesin kendaraan. Hal ini bisa terjadi ketika kondisi packing mesin sudah rusak, sehingga memunculkan sela atau celah untuk oli keluar.

Untuk mengantisipasi kejadian ini, pengendara wajib melakukan pengecekan rutin terhadap packing mesin motornya. Terlebih pada kendaraan dengan usia pakai yang sudah cukup lama.

2. Membludaknya Volume Oli Berlebih

Penyebab oli mesin motor rembes juga bisa terjadi karena membludaknya volume oli. Terkadang, pengendara tidak mengetahui batas maksimum oli pada kendaraannya. Atau bisa dibilang, mereka cenderung mengisinya secara asal tanpa perhitungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0257 seconds (0.1#10.140)