Keren, Mobil Listrik MINI Kini Bisa Dikendarai Disabilitas

Minggu, 24 Juli 2022 - 15:00 WIB
loading...
Keren, Mobil Listrik MINI Kini Bisa Dikendarai Disabilitas
MINI Cooper SE dimodifikasi khusus agar bisa dikendarai oleh disabilitas. Foto/MINI
A A A
JAKARTA - Mobil listrik untuk semua orang tidak terkecuali disabilitas. Untuk itu MINI buat terobosan dengan memodifikasi mobil listrik mereka agar mudah dikendarai disabilitas.

MINI Cooper SE yang dimodifikasi MINI itu cukup sederhana. Sama sekali tidak ada ubahan yang besar terjadi di mobil listrik itu.

Perusahaan mobil yang berbasis di Inggris itu hanya melakukan perubahan di pedal gas dan tuas rem tangan. Alih-alih berupa pedal, kini pedal akselerator berubah jadi sebuah lingkaran yang mengikuti desain mpalang kemudi.

Jadinya pengemudi disabilitas bisa menekan lingkaran itu untuk menyesuaikan laju mobil MINI Cooper SE. Selain itu MINI juga menyediakan tombol khusus yang bisa digunakan oleh pengemudi disabilitas yang ingin memarkirkan mobil mereka. Tombol itu juga berguna ketika pengemudi disabilitas terjebak di kemacetan dan butuh kecepatan yang tidak terlalu kencang.

Baca juga : Menggoda, Motor Listrik Davigo Dijual di Bawah Rp20 Juta

Keren, Mobil Listrik MINI Kini Bisa Dikendarai Disabilitas


Selain pedal gas yang berubah, MINI juga memindahkan pedal rem tangan sedikit mendekat dengan palang kemudi. Pengemudi disabilitas tinggal menekan tuas rem tangan ke bawah agar mobil bisa terparkir sempurna.

Disebutkan Carscoops mobil MINI Cooper SE buat disabilitas itu sudah diuji coba langsung oleh salah seorang disabilitas yang juga instruktur mengemudi, Tina Schmidt-Kiendl.

Baca juga : Google Glass Bulan Depan Mulai Uji Coba Publik Setelah Ngumpet Hampir 10 Tahun

Keren, Mobil Listrik MINI Kini Bisa Dikendarai Disabilitas


Setelah mencoba dia mengatakan akselerator yang berupa cincin berdampingan dengan palang kemudi sangat ideal. Cincin itu memberi kontrol penuh untuk akselerasi dan pengereman instan," ujarnya.

Saat ini memang masih membuat mobil itu untuk disabilitas yang menggunakan kursi roda . Namun mereka berjanji siap mengakomodir kebutuhan para disabilitas lainnya.

Meski telah memberikan peluang buat disabilitas mengemudikan mobil listrik, sayangnya menurut Carscoops saat ini fasilitas pendukung kendaraan listrik di berbagai negara masih kurang ideal buat para disabilitas karena tidak memiliki ruang yang cukup buat mereka mengisi ulang baterai mobil listrik dengan mudah.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1507 seconds (11.252#12.26)