6 Komponen Turbo yang Buat Mobil Lebih Ngebut dan Perlu Perhatian Khusus

Rabu, 30 November 2022 - 20:01 WIB
loading...
A A A
3. Center Housing & Rotating Assembly (CHRA)

CHRA bisa dibilang merupakan tempat sirkulasi sistem pelumasan oli dan pendinginan. Karena turbocharger bekerja pada temperatur yang sangat tinggi membuat komponen pendinginan ini matlah penting.

4. Wastegates

Komponen ini diperlukan untuk mencegah mesin mengalami overheating dan sebagai bypass valve untuk membuang gas buang motor bakar pada kondisi tertentu untuk tidak masuk ke dalam turbin turbocharger melainkan langsung menuju exhaust.



5. Blow-Off Valve

Fungsi dari komponen ini adalah untuk membuang udara terkompresi ke atmosfer pada saat tekanan udara keluar kompresor turbocharger terlalu besar. Jika turbocharger tidak dilengkapi dengan blow-off valve, maka tekanan udara terkompresi akan terus naik, dimungkinkan akan bocor keluar.

6. Saluran Pipa

Terdapat dua bagian saluran pipa yakni pipa saluran panas dan pipa saluran dingin. Pipa saluran panas mengalirkan gas buang dari ruang bakar ke sisi inlet turbin turbocharger, serta membuang gas buang keluaran turbin menuju sistem exhaust (knalpot).

Sedangkan pipa saluran dingin mengalirkan udara atmosfer masuk ke kompresor, udara bertekanan dari outlet kompresor ke intercooler, serta mengalirkan udara dingin bertekanan dari intercooler ke intake manifold motor bakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2477 seconds (0.1#10.140)