10 Mobil Istimewa Para Kepala Negara, Modifikasi Rolls Royce hingga Bentley

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 12:45 WIB

6. Presiden Italia Sergio Mattarella

Lancia Flaminia 335 milik Presiden Italia Sergio Mattarella jarang terlihat – kemunculannya hanya setiap tahun selama Hari Publik dan secara berkala saat masa perkenalan resmi. Flaminia berubah menjadi kendaraan resmi otoritas di Italia selama periode kesuksesan finansial Italia. Presiden saat itu melatih Pininfarina, perancang kendaraan luar biasa di balik kendaraan paling indah di dunia, untuk merencanakan empat kendaraan yang layak untuk Presiden dan pertemuan dengan pemerintah Inggris.

7. Presiden Chile Gabriel Boric

Passage Galaxie XL tahun 1966 yang digunakan oleh Presiden Chile Gabriel Boric diproduksi pada tahun 1960an atas permintaan keluarga Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II menggunakannya selama kunjungan ke seluruh Chile dan meninggalkannya. Setelah keputusan politik Presiden Salvador Allende sebagai Presiden pada tahun 1970, ia resmi menggunakan Passage Galaxie XL sebagai kendaraan dinas dan membuang kereta kuda yang sudah digunakan.

8. Paulus VI

Paus Paulus VI mempelopori Popemobile pada 1960an dengan memanfaatkan Lincoln Lehmann-Peterson yang telah diubah untuk menyambut kelompok-kelompok di New York. Popemobile tidak memiliki banyak perangkat keamanan. Hal itu berubah ketika, saat mengendarai Fiat Campagnola Popemobile menuju Lapangan Santo Petrus yang penuh sesak, Paus Yohanes Paulus II ditembak oleh Mehmet Ali Agca. Upaya pembunuhan tersebut memicu perintah Vatikan untuk memperkuat Popemobile melawan serangan.

Popemobiles biasanya memiliki fitur keamanan yang selalu memiliki perkembangan yang tidak ada duanya seperti Konstruksi antipeluru, ketahanan terhadap ledakan, dan lapis baja mampu menahan ledakan bom.



9. Raja Filipe VI

Rolls-Royce hanya menawarkan Phantom IV kepada kepala negara dan keluarga Kerajaan Inggris. Pabrikannya baru saja membuat 18 Apparition IV sehingga menjadikannya salah satu kendaraan paling langka di planet ini. Tiga dari 18 mobilnya terdiri dari dua limusin dan sebuah mobil convertible - diserahkan kepada Jenderal Francisco Franco. Kendaraan tersebut menyoroti beberapa fitur keamanan, termasuk pelapisan lapisan pelindung dan jendela yang tidak dapat ditembus.

10. PM India Narenda Modi

Perdana Menteri India menukar Toyota Land Cruiser dan Range Rover Vogue dengan Mercedes Maybach S650 pada akhir 2021. Mobil ini digerakkan oleh mesin V12 twin turbo yang menghasilkan 621 tenaga kuda dan torsi 738 pound feet. Maybach S560 milik Modi membutuhkan semua tenaga kuda itu mengingat bobot ekstra dari penguatan keamanan.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More