Begini Cara Simpel Mengidentifikasi Penyebab Lampu Sein Mati

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:00 WIB
Sekring putus karena berbagai alasan, termasuk bola lampu rusak, masalah kabel, atau bahkan lonjakan listrik. Lihat petunjuk manual mobil untuk mengidentifikasinya. Temukan sekring yang putus, ganti dengan sekring dengan arus listrik yang sama, lalu uji lampu sein. Jika sekring baru putus dengan cepat, mungkin ada masalah kelistrikan lebih serius yang memerlukan bantuan mekanik.

4. Relay Flasher Rusak



Relay flasher berfungsi sebagai perangkat kontrol yang mengatur ritme kedipan lampu sein. Jika relay flasher rusak, lampu sein mungkin berkedip terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak berkedip sama sekali.

Relay flasher biasanya terletak di bawah dashboard atau di belakang kotak sekring. Ketika memerlukan penggantian relay flasher, pengguna akan menghadapi proses yang lebih rumit dibandingkan mengganti bola lampu atau sekring. Jadi, sebaiknya diserahkan kepada mekanik yang paham komponen kelistrikan.

5. Masalah Perkabelan



Dalam beberapa kasus, mungkin ada masalah dengan rangkaian kabel yang menghubungkan sakelar lampu sein, katup, atau relay flasher. Kabel yang rusak atau terkorosi dapat menghalangi aliran listrik dan menyebabkan lampu sein tidak berfungsi.

Bila pengguna tidak memiliki pengetahuan khusus tentang perbaikan kelistrikan, diagnosis dan perbaikan masalah perkabelan sebaiknya diserahkan kepada mekanik yang berkualifikasi. Mencoba memecahkan sendiri masalah perkabelan yang rumit dapat menyebabkan masalah kelistrikan lebih lanjut dan risiko keselamatan.



Selanjutnya untuk mengetes permasalahan pada lampu sein, pengendara bisa melakukan hal-hal sederhana berikut ini.

1. Nyalakan lampu hazard

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More