9 Penyebab Lampu Motor Mati Mendadak yang Sering Dialami Bikers

Senin, 17 Juni 2024 - 10:39 WIB
Jika daya aki terlalu rendah, lampu motor tidak akan menyala dengan sempurna. Cek kesehatan aki secara berkala dan pastikan untuk menggantinya jika sudah habis masa pakainya.

4. Switch Lampu Rusak

Switch lampu berguna untuk mengatur nyala dan matinya lampu, sehingga jika switch lampu mengalami kerusakan atau aus, lampu motor akan mati semua. Periksa dan ganti switch lampu yang rusak dengan yang baru untuk membuat lampu kembali menyala.

5. Stator atau Rotor Gagal

Komponen utama dalam sistem pengisian adalah Stator dan Rotor. Jika salah satu dari komponen ini mengalami kerusakan, pengisian aki tidak akan berfungsi dengan baik dan lampu akan mati.

6. Regulator Tegangan Rusak

Regulator tegangan mengendalikan tegangan yang dialirkan ke sistem listrik motor. Jika regulator rusak, tegangan bisa menjadi tidak stabil dan menyebabkan lampu motor mati semua.

7. Kutub Baterai Kotor

Jika kutub baterai kotor bahkan hingga berkarat, aliran listrik ke sistem motor menjadi terganggu, dan lampu bisa mati. Pastikan untuk membersihkan kutub baterai secara teratur.

8. Lampu Putus atau Bohlam Rusak

Di luar permasalahan yang lain, lampu putus atau bohlam rusak bisa menjadi penyebab utama matinya lampu motor. Segera periksa dan ganti dengan lampu bohlam yang baru untuk membuat lampu kembali menyala.

9. Masalah pada Relay
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More