Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

Rabu, 09 Oktober 2024 - 17:05 WIB
Mobil matic memiliki mode yang memungkinkan pengemudi menggeser gigi menggunakan tuas persneling atau paddle shifters di kemudi secara manual. Tidak semua memiliki mode M ini karena beberapa produsen mobil matic mulai menonaktifkan modenya pada mobil keluaran terbaru.

7. Tanda + dan -



Simbol + dan - di sekitar mode manual atau sport digunakan untuk menggeser gigi secara manual, dengan tombol + untuk naik ke gigi yang lebih tinggi dan tombol - untuk turun ke gigi yang lebih rendah.

8. Shift Lock



Beberapa mobil dengan transmisi ini memiliki fitur Shift Lock untuk melepas pengunci tuas transmisi. Sehingga nantinya bisa dipindahkan ke posisi N saat mesin sedang mati. Manfaat Shift Lock terlihat ketika sedang parkir paralel. Mobil ini bisa digeser dengan cara didorong.

Shift lock juga berfungsi sebagai pengingat untuk pengemudi agar selalu memastikan bahwa kendaraan berada dalam posisi "Park" sebelum keluar dari kendaraan. Hal ini mencegah kejadian pengemudi keluar dari kendaraan tanpa menyadari bahwa persneling masih dalam posisi "Drive" atau "Reverse," yang dapat mengakibatkan kendaraan bergerak secara tiba-tiba.

Memahami arti dari huruf dan angka di persneling mobil matic sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan pengemudi. Pemilihan posisi yang tepat sesuai dengan situasi berkendara akan memastikan performa yang optimal dan menghindari keausan yang tidak perlu pada komponen transmisi.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More