Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

Sabtu, 26 Juni 2021 - 19:05 WIB
Hal ini disebabkan karena kopling aus sampai-sampai mengalami kesulitan mencengkeram pelat penekan, sehingga menyulitkan mesin mentransfer daya putar ke transmisi.

3. Ganti gigi menjadi lebih sulit

Ciri-ciri ketiga yang dapat dirasakan adalah sulit mengoper gigi perseneling. Jika Anda memasukkan mobil ke gigi mundur, Anda mengalihkan daya dari poros engkol ke arah yang berlawanan.

Ini adalah proses cukup besar untuk drive train, oleh karena itu Anda terkadang mendengar atau merasakan bunyi gedebuk saat Anda menggeser gigi mundur.

Jika perseneling sulit masuk ke posisi mundur, maka itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar. Demikian pula, jika Anda merasa sulit untuk berpindah ke gigi lain, itu mungkin menunjukkan bahwa kopling sudah aus

4. Muncul suara aneh

Suara bisa berasal dari pedal saat Anda melepaskannya. Bunyi-bunyi tersebut biasanya berasal dari mekanisme pelepasan kopling.

Pada kendaraan baru memakai sistem hidrolik, sedangkan kendaraan yang lebih tua sering memiliki sistem mekanis. Seiring bertambahnya usia penggunaan mobil maka yang terjadi biasanya bagian-bagian tertentu mengalami keausan. Biasanya muncul gesekan, atau bunyi gedebuk.

5. Tercium bau gosong

Ciri-ciri selanjutnya kampas kopling mobil sudah mulai abis yaitu tercium bau gosong yang disebabkan karena kopling panas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More