Ini Rahasia Umur Panjang Kendaraan Mesin Diesel

Selasa, 26 September 2023 - 12:02 WIB
loading...
Ini Rahasia Umur Panjang Kendaraan Mesin Diesel
Kendaraan bermesin diesel sangat diminati lantaran irit, bandel dan awet. (Foto: The Sun)
A A A
JAKARTA - Mesin diesel di sepanjang masa selalu menjadi idaman. Selain karena irit dan bandel, mesinnya juga sangat awet.

Menurut situs Auto Navigator Capital One, mesin diesel biasanya memiliki umur rata-rata sekitar dua kali lipat dibandingkan mesin bensin. Lantas sebenarnya apa kunci umur panjang kendaraan mesin diesel?

Berikut rahasia umur panjang kendaraan mesin diesel, dikutip dari Slash Gear, Selasa (26/9/2023).

1. Cara Kerja

Mesin bensin pada umumnya mengambil campuran bahan bakar dan udara, mengompresnya, dan kemudian menyalakan campuran terkompresi tersebut dengan percikan api, sehingga menimbulkan ledakan, yang disebut pembakaran. Sementara mesin diesel yang ditemukan insinyur Jerman Rudolf Diesel pada 1890-an, menggunakan pendekatan yang berbeda.

Diesel memampatkan udara dan kemudian menyuntikkan bahan bakar ke udara terkompresi. Tidak diperlukan percikan api karenanya, tidak diperlukan busi lantaran panas dari udara bertekanan akan menyalakan bahan bakar secara spontan.


2. Dirancang bekerja di bawah tekanan

Komponen kunci dalam mengompresi udara secara signifikan dalam mesin diesel sehingga penyalaan tidak memerlukan percikan api adalah rasio kompresi yang sangat tinggi, biasanya sekitar dua kali lipat dari mesin bensin.

Di permukaan, rasio kompresi yang lebih tinggi mungkin tampak seperti sumber tekanan tambahan pada bagian dalam mesin, namun komponen seperti poros engkol dan bantalan dibuat sangat kuat untuk menahan penyalahgunaan.

Selain konstruksinya yang kokoh, mesin diesel juga beroperasi pada RPM yang lebih rendah, sehingga memperpanjang umurnya. Begitu pula dengan kapasitas oli yang lebih tinggi dan teknik pelumasan yang canggih, seperti jet oli untuk menyemprot bagian bawah piston pada banyak mesin.

3. Solar Tak Semurni Bensin

Bahan bakar mesin diesel tidak semurni bensin sehingga memiliki lebih banyak pelumasan, yang menyebabkan keausan lebih lambat pada lubang silinder mesin.

Menurut pengecer suku cadang diesel prosourcediesel, truk pikap Chevrolet dan GMC dengan pembangkit listrik diesel Duramax perlu menempuh jarak sekitar 300.000 mil sebelum dianggap sebagai jarak tempuh yang tinggi.



Namun jarak 500.000 mil bukanlah hal yang mustahil jika dilakukan perawatan rutin. Ulasan mesin diesel Ford Powerstroke dan RAM Cummins memberikan hasil yang hampir sama, dengan umur rata-rata dalam kisaran 300.000 hingga 350.000 mil.

Jika ada kelemahan pada motor yang tahan lama ini, bagian truk lain seperti bodi dan suspensi mungkin tidak mampu mengimbangi bertahan selama bertahun-tahun dan bermil-mil serta mesinnya. Tetapi jika dipikir-pikir, itu adalah masalah bagi pemilik kendaraan, bukan?
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2846 seconds (0.1#10.140)