Berawal dari Menjual Mobil Bekas, Kini Hadirkan Layanan Bengkel Berkelas

Sabtu, 30 September 2023 - 20:29 WIB
loading...
A A A
Dari sisi kebersihan bengkel, Agung mengaku,bengkelnya juga menggunakan standar bengkel authorized. Yang mengharuskan kondisi bengkel harus selalu dalam keadaan bersih. “Tidak boleh ada oli berceceran, semua harus bersih, ringkas, rapih,” urainya.

Simbisa Motor, telah menerapkan Quality Control Circle (QCC), 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat & Rajin) dan pilar keuangan serta ke-HRD-an yang mendukung keberlangsungan usahanya.

Agung pun menilai bergabung menjadi mitra binaan YDBA adalah langkah yang tepat. Sebab, pendampingan yang diberikan YDBA tak berhenti saat mitra binaannya sukses. Namun, pendampingan terus dilakukan hingga mitra binaan sudah benar-benar mandiri. “Jadi, di YDBA pelatihan terus diberikan dan mengikuti teknologi mobil. Misalnya, sekarang era mobil hybrid, kami mitra binaan diberikan pelatihan juga bagaimana menangani mobil
hybrid,” tegas Agung.

Dia pun menilai, pengusaha bengkel mobil benar- benar terbantu dalam mengembangkan usahanya dan menciptakan lapangan kerja. Agung pun mengaku berkolaborasi dengan UMKM binaan YDBA lainnya untuk menangani kendaraan-kendaraan yang memerlukan peralatan lebih canggih. “Di HBBA diajarkan bagaimana melayani konsumen sesuai dengan standar Astra. Jadi konsumen merasa terlayani after sale service-nya meskipun mobilnya sudah lewat masa garansi dan berusia tua,” katanya.

Agung mengungkapkan, dengan semakin banyaknya populasi mobil, terkadang dia kelebihan beban untuk menerima jasa service. Beruntung, sebagai Ketua Umum HBBA Jabodetabek, Agung memiliki jaringan UMKM binaan sejenis berjumlah ratusan. Sehingga Agung bisa berkolaborasi dan menyerahkan pekerjaan service ke bengkel lain. “Karena standar di HBBA itu semua sama menggunakan standar Astra,”cetusnya.

Saat ini HBBA wilayah DKI mencapai 70 bengkel. Untuk Jabodetabek dan Jawa Barat, jumlahnya mencapai 120 bengkel. Para mitra binaan YDBA itu juga diberikan pelatihan business development. Yakni bagaimana mewariskan usahanya ke generasi selanjutnya kelak.

Agung pun menceritakan salah satu anggota HBBA di Cianjur Jawa Barat kini sudah berhasil mengembangkan usahanya, tak sekadar melayani jasa service dan penjualan spare part saja, tetapi juga penjualan mobil. “Ada yang sudah berhasil berkembang menjadi bengkel Sales, Service, dan Sparepart Daihatsu di Cianjur, Jawa Barat,”kata Agung.

Agung sendiri, kini melebarkan sayap usahanya ke sektor body repair dan body paint dengan membuka satu bengkel di kawasan Pengasinan, Bogor. Dia pun berharap, kelak, bisa menjadi mitra Asuransi Astra yang memiliki produk Garda Oto. “Tingkat kualitasnya memang tinggi. Standar yang ditetapkan Garda Oto tinggi, karena itu SOP kerja dan evaluasinya ketat, pelatihannya ketat.

Jadi tidak sembarangan, meskipun punya lahan, punya bengkel, punya alat, tidak bisa secara otomatis jadi rekanan Garda Oto, mereka punya standar kualitas,”ucapnya.

Berbekal pendampingan dan beragam pelatihan dari YDBA, Agung pun berharap di masa depan dirinya bisa memperluas usahanya dan menghadirkan peluang kerja bagi masyarakat. “Sekarang kami perkuat networking,” tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)