Ini Bukti Taiwan Memainkan Peran Penting dalam Industri Semikonduktor Dunia

Senin, 03 Agustus 2020 - 18:34 WIB
loading...
A A A
Kedua, perusahaan IC foundry terbesar dunia TSMC sekali lagi menegaskan mereka mendominasi pasar pembuatan chip canggih, dengan proses pembuatannya yang canggih telah menjadi IC foundry yang ditunjuk oleh perusahaan besar di seluruh dunia. Antara lain, Apple, Intel, AMD, Qualcomm, NVIDIA, dan Huawei.
Nilai pasar (market capitalization) perusahaan TSMC juga terus meningkat baru-baru ini, menjadi perusahaan publik (listed company) nilai pasar terbesar ke-10 di dunia, juga merupakan perusahaan semikonduktor nilai pasar terbesar dunia. Intel, mantan penguasa semikonduktor, saat ini hanya memiliki 60% dari nilai pasar TSMC. Dapat dikatakan TSMC adalah kebanggaan Taiwan.

Di pasar IC foundry global yang sangat kompetitif, para pemimpin utama saat ini terutama adalah TSMC, Samsung dan Intel. Pandemik COVID-19 juga telah memengaruhi hubungan kompetitif antara masing-masing perusahaan besar. Sebab hasil pencegahan pandemik Taiwan sangat baik, sehingga industri semikonduktor tidak terdampak besar seperti negara lainnya.

Dengan kepemimpinan teknologi yang berkelanjutan dan investasi peralatan modal besar, TSMC telah menjadi pemimpin dunia dalam proses 7nm, dan juga pabrik produksi massal pertama di dunia untuk proses 5nm, dominasi untuk 3nm juga tinggal diraih.

TETO menyebutkan. belum lama ini, TSMC mengumumkan bahwa mereka telah membuat terobosan besar dalam pengembangan dan penelitian (R&D) 2nm dan telah berhasil menemukan jalur masuknya. Kalangan bisnis menyimpulkan bahwa waktu peluncuran produk 2nm TSMC akan terealisasi antara 2023-2024, dan bisa terus mempertahankan posisi terdepan secara mutlak di pasar IC foundry global.

Adapun Samsung Electronics Korea Selatan, akibat pandemi, rencana peralatan skala besar dan R&D jadi tertunda. Selain hasil produksi yang kurang tinggi dari proses 7nm, sebelumnya perusahaan juga mengumumkan mereka akan melewati 5nm dan langsung mengembangkan teknologi 3nm. Diketahui oleh dunia luar bahwa itu hanya setara dengan produk 5nm dari TSMC. Dalam hal penguasan teknologi, Samsung setidaknya satu tahun lebih terbelakang daripada TSMC.

Sedangkan untuk Intel, seiring teknologi proses chip canggih yang secara bertahap kehilangan daya saingnya, perusahaan telah mulai mendiskusikan tentang apakah masih terus melanjutkan bisnis pembuatan chip.Karena biaya untuk membangun dan maintenance manufaktur wafer sangat tinggi. Jika semata-mata berdasarkan pertimbangan biaya, Intel akan menunjuk IC foundry yang berteknologi lebih maju seperti TSMC untuk memproduksi chip di masa depan.

Selain TSMC menjadi pemimpin IC foundry dunia, perusahaan Taiwan juga memainkan peran penting dalam perancangan, pengemasan, dan pengujian IC. MediaTek Taiwan adalah perusahaan perancangan IC yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada November 2019, perusahaan ini merilis 5G SoC (system on chip, yakni beberapa chip dengan fungsi berbeda diintegrasikan ke dalam satu chip dengan fungsi lengkap) lebih awal dari Qualcomm, perusahaan industri chip ponsel terkemuka. Hal ini memukau dunia dan sepenuhnya menunjukkan kekuatan MediaTek.
Dan karena pasar ponsel saat ini bergerak cepat menuju generasi 5G, diharapkan Media Tek dapat bersaing dengan Qualcomm di pasar chip ponsel di masa depan. Adapun proses pengemasan dan pengujian di hilir industri semikonduktor, perusahaan Taiwan mendominasi pasar global.

Di antaranya, ASE Technology Taiwan adalah perusahaan pengemasan dan pengujian semikonduktor terbesar di dunia. Nilai total produk dari industri pengemasan dan pengujian Taiwan menyumbang 50% lebih dari pasar global.

Melihat ini, TETO percaya tidak sulit bagi Anda untuk menemukan bahwa walaupun Taiwan berukuran kecil, fenomena pengelompokan industri semikonduktor yang matang dan lengkap di hulu, tengah dan hilir jelas dan strukturnya lengkap. Keseluruhan R&D dan kemampuan manufaktur adalah yang terbaik di bidang terkait di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5783 seconds (0.1#10.140)