Ini Bukti Taiwan Memainkan Peran Penting dalam Industri Semikonduktor Dunia

Senin, 03 Agustus 2020 - 18:34 WIB
loading...
TETO menyebutkan. belum lama ini, TSMC mengumumkan bahwa mereka telah membuat terobosan besar dalam pengembangan dan penelitian (R&D) 2nm dan telah berhasil menemukan jalur masuknya. Kalangan bisnis menyimpulkan bahwa waktu peluncuran produk 2nm TSMC akan terealisasi antara 2023-2024, dan bisa terus mempertahankan posisi terdepan secara mutlak di pasar IC foundry global.

Adapun Samsung Electronics Korea Selatan, akibat pandemi, rencana peralatan skala besar dan R&D jadi tertunda. Selain hasil produksi yang kurang tinggi dari proses 7nm, sebelumnya perusahaan juga mengumumkan mereka akan melewati 5nm dan langsung mengembangkan teknologi 3nm. Diketahui oleh dunia luar bahwa itu hanya setara dengan produk 5nm dari TSMC. Dalam hal penguasan teknologi, Samsung setidaknya satu tahun lebih terbelakang daripada TSMC.

Sedangkan untuk Intel, seiring teknologi proses chip canggih yang secara bertahap kehilangan daya saingnya, perusahaan telah mulai mendiskusikan tentang apakah masih terus melanjutkan bisnis pembuatan chip.Karena biaya untuk membangun dan maintenance manufaktur wafer sangat tinggi. Jika semata-mata berdasarkan pertimbangan biaya, Intel akan menunjuk IC foundry yang berteknologi lebih maju seperti TSMC untuk memproduksi chip di masa depan.

Selain TSMC menjadi pemimpin IC foundry dunia, perusahaan Taiwan juga memainkan peran penting dalam perancangan, pengemasan, dan pengujian IC. MediaTek Taiwan adalah perusahaan perancangan IC yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada November 2019, perusahaan ini merilis 5G SoC (system on chip, yakni beberapa chip dengan fungsi berbeda diintegrasikan ke dalam satu chip dengan fungsi lengkap) lebih awal dari Qualcomm, perusahaan industri chip ponsel terkemuka. Hal ini memukau dunia dan sepenuhnya menunjukkan kekuatan MediaTek.
Dan karena pasar ponsel saat ini bergerak cepat menuju generasi 5G, diharapkan Media Tek dapat bersaing dengan Qualcomm di pasar chip ponsel di masa depan. Adapun proses pengemasan dan pengujian di hilir industri semikonduktor, perusahaan Taiwan mendominasi pasar global.

Di antaranya, ASE Technology Taiwan adalah perusahaan pengemasan dan pengujian semikonduktor terbesar di dunia. Nilai total produk dari industri pengemasan dan pengujian Taiwan menyumbang 50% lebih dari pasar global.

Melihat ini, TETO percaya tidak sulit bagi Anda untuk menemukan bahwa walaupun Taiwan berukuran kecil, fenomena pengelompokan industri semikonduktor yang matang dan lengkap di hulu, tengah dan hilir jelas dan strukturnya lengkap. Keseluruhan R&D dan kemampuan manufaktur adalah yang terbaik di bidang terkait di dunia.

Oleh karena itu, Taiwan juga telah memenangkan gelar "Pulau Silikon". Bahkan ada yang percaya bahwa industri semikonduktor Taiwan yang unggul sudah menjadi urat nadi ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan ekonomi perdagangan di mana negara-negara sangat bergantung padanya. Perkembangan stabil masyarakat Taiwan merupakan fokus perhatian besar para pemerintah negara-negara, terutama para perusahaan teknologi global.

Terlebih lagi, pesawat tempur modern AS seperti F-35, atau peralatan satelit yang digunakan dalam program luar angkasa, menggunakan chip buatan TSMC. Ini menunjukkan bahwa pengaruh industri semikonduktor Taiwan mencapai bidang militer dan luar angkasa, serta memiliki pengaruh yang sangat luas.

Dari perspektif konsumen umum, baik Anda menggunakan iPhone atau ponsel Android dari merek lain, komputer notebook, komputer desktop atau iPad, atau bahkan berbagai peralatan pintar, chip yang ada di dalamnya kemungkinan besar dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Taiwan.

Komunikasi 5G yang saat ini paling banyak dibahas, kecerdasan buatan artificial inteligence (AI), mobil self-driving, komputasi penyimpanan awan, dan Internet of Things (IoT) semuanya membutuhkan produk industri semikonduktor untuk dikembangkan. Dari sudut pandang ini, Taiwan memang memainkan peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia, setidaknya telah berhasil memungkinkan kita untuk memesan berbagai layanan Grab atau Gojek melalui ponsel.
(iqb)
halaman ke-2
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE