Ke Bali Pakai Bus Sleeper Mewah, Kabinnya Wah

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 22:15 WIB
loading...
Ke Bali Pakai Bus Sleeper Mewah, Kabinnya Wah
PO MTrans meluncurkan empat unit bus baru dengan fasilitas mewah garapan karoseri Tentrem. (Foto: Instagram/@tentrembusofficial)
A A A
JAKARTA - Jika memilih tujuan Bali via jalur darat, ada bus sleeper mewah yang andal di sisi interior dan kabin. PO MTrans meluncurkan empat unit bus baru dengan fasilitas mewah garapan karoseri Tentrem. Seluruh armada terbaru perusahaan otobus (PO) asal Denpasar itu menggunakan bodi teranyar, Avante H9 Grand Captain.

Spesifikasi bodi bus tadi menjadi inovasi terbaru dari karoseri Tentrem yang sempat dipamerkan pada GIIAS 2023. Konsep ini menjadi standar baru dalam menyajikan kemewahan bagi penumpang di dalam kabin bus.

Bodi Avante H9 Grand Captain memiliki keunikan pada interior bus, di mana pada kursi paling depan berada tepat di atas pengemudi. Kursi tersebut dibuat model rebahan atau sleeper dan memberikan pandangan luas bagi penumpangnya.

Karoseri Tentrem berusaha menawarkan posisi terbaik bagi penumpang agar bisa memiliki pemandangan yang lebih jelas. Secara keseluruhan, bodi bus ini memang tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya, tapi ada beberapa penyegaran.



Bus ini menggunakan kaca depan dengan model double glass, dengan bagian bawah dibuat lebih pendek. Hal ini dilakukan guna memberikan pandangan yang luas bagi penumpang dengan membuat kaca bagian atas lebih besar dan lebar.

Pada bus ini, hanya ada dua model sleeper yang berada di bagian paling depan. Sementara di area tengah hingga belakang menggunakan kursi jumbo yang sudah dilengkapi dengan legrest dan armrest, serta reclining seat demi memberi kenyamanan pada penumpang.

Pada setiap kursi juga dilengkapi dengan soket USB dan stop kontak untuk mengisi daya baterai ponsel. Selain itu, setiap kursi juga dilengkapi dengan meja lipat dan menggunakan material suede yang dapat membuat penumpang lebih nyaman.

Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan mini bar dan toilet yang letaknya berada di dekat pintu belakang. Uniknya, pada bagian paling depan kabin, terdapat ruangan istirahat kru bus atau yang biasa disebut kandang macan, tepatnya berada di belakang kursi sopir.



Keempat bus baru PO MTrans ditopang dengan sasis tronton Volvo B11R yang diklaim lebih ramah lingkungan dengan standar Euro 5. Performa yang dihasilkan juga jauh lebih bertenaga dan kaki-kakinya dirancang untuk memberi kenyamanan di dalam kabin.

Sasis Volvo B11R Euro 5 dibekali mesin Volvo D11 berkapasitas 11.000 cc, 6-silinder segaris yang menghasilkan tenaga hingga 450 hp pada 1.600-1.900 rpm dan torsi puncak 2.150 Nm pada 950-1.400 rpm.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3829 seconds (0.1#10.140)