Kenali 7 Penyebab Motor Matic Sering Mogok dan Cara Mengatasinya

Selasa, 31 Oktober 2023 - 16:36 WIB
loading...
A A A
Cara mengatasinya bisa dengan memastikan jika aki dalam kondisi baik dan terawat dengan baik. Penggantian aki mungkin diperlukan jika aki sudah lemah.

4. Masalah Starter Motor


Starter motor adalah komponen penting dalam proses memulai mesin motor karena bertanggung jawab untuk memutar mesin secara fisik sehingga mesin dapat hidup. Starter motor yang rusak atau aus dapat menyebabkan masalah mogok.

Untuk itu, melakukan pemeriksaan starter motor sangat penting. Pemilik kendaraan juga perlu melakukan penggantian jika diperlukan. Pastikan juga sistem pengisian, seperti alternator dan regulator tegangan, berfungsi dengan baik.

5. Masalah Sistem Pengapian


Gangguan pada sistem pengapian, seperti koil atau CDI yang rusak, dapat membuat motor mogok. Sebab, sistem pengapian adalah komponen yang kunci dalam menghasilkan api pada busi yang diperlukan untuk menghidupkan mesin motor. Gangguan dalam sistem ini dapat mengakibatkan motor mogok.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada beberapa komponen pengapian seperti busi, CDI, kelistrikan, stator, dan magneto. Lakukan pergantian komponen jika perlu.

6. Filter Udara Kotor


Fungsi dari filter udara adalah untuk menyaring udara sebelum masuk ke mesin untuk mencampurkan dengan bahan bakar. Ketika filter udara kotor atau tersumbat, aliran udara terhambat, dan ini dapat mengganggu pembakaran dan kinerja mesin.

Lakukanlah tindak pencegahan seperti melakukan pembersihan atau penggantian filter udara. Perawatan untuk komponen ini sebaiknya dilakukan secara rutin.

7. Overheating


Overheating terjadi ketika suhu mesin naik di luar batas yang aman. Kondisi ini dapat merusak berbagai komponen mesin.

Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa level cairan pendingin, dan kipas radiator. Selanjutnya tinggal melakukan perawatan rutin dengan pembersihan dan penggantian komponen.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)