Kerap Diabaikan, Ini Penyebab Oli Mesin Cepat Habis

Senin, 01 Januari 2024 - 17:38 WIB
loading...
A A A
Namun, pengerjaannya juga cukup lama dan membutuhkan biaya yang agak besar. Tapi, hasilnya mesin menjadi lebih segar dan terasa seperti motor baru kembali.

4. Oli Mengalami Penguapan

Penyebab oli mesin cepat habis yang berikutnya adalah terjadinya penguapan cairan pada mesin. Oli mesin menjadi cepat menguap akibat suhu panas pada saat motor sedang digunakan. Mesin yang panas pada saat motor dikendarai di tengah kemacetan juga cepat habis karena terkena panas.

Mesin yang semakin panas akan mempercepat proses penguapan oli motor, sehingga cairan menjadi cepat habis. Apabila hal tersebut tidak disadari oleh pengendara, maka dampak dari habisnya cairan oli motor tersebut akan berakibat fatal pada mesin karena kekurangan pelumas.

5. Jarang Mengganti Oli

Kasus ini paling sering terjadi, pengendara tak memerhatikan waktu penggantian oli mesin yang dianjurkan pabrikan. Mengingat oli mesin yang memiliki sifat menguap, maka penggantian oli secara periodik perlu dilakukan.



Penggantian oli mesin pada kendaraan bermotor sebenarnya memiliki ketentuan tersendiri yang harus dipahami oleh pengendara. Oli mesin harus diganti saat sudah mencapai jarak tempuh sekitar 2.000 hingga 3.000 kilometer pada sepeda motor. Sedangkan mobil setelah menempuh jarak 5.000 kilometer atau 6 bulan sekali.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)