Mengerikan! Ini Dampak Perubahan Iklim yang Ancam Hidup Manusia, Saatnya Anak Muda Lindungi Bumi

Rabu, 10 Januari 2024 - 10:52 WIB
loading...
A A A
Toyota melalui Toyota melalui program Toyota Eco Youth (TEY) berinisiatif mengajak anak-anak muda, khususnya siswa SLTA/sederajat untuk berkompetisi melakukan inovasi demi mendukung upaya netralitas karbon.

TEY merupakan ajang adu inovasi yang melibatkan pelajar SLTA atau sederajat. Program ini digagas oleh Toyota Indonesia dengan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Para peserta akan diminta untuk mengajukan Eco Project yang kemudian dinilai oleh dewan juri dan diimplementasikan dengan bantuan Toyota Indonesia sebagai inovasi yang berkelanjutan.
Mengerikan! Ini Dampak Perubahan Iklim yang Ancam Hidup Manusia, Saatnya Anak Muda Lindungi Bumi

Toyota Eco Youth 12 oleh SMAN 6 Yogyakarta. (Foto: dok Toyota Indonesia)

Program CSR pendidikan ini bertujuan untuk menjembatani kontribusi nyata generasi muda Indonesia bagi masa depan netralitas karbon. TEY sudah 12 kali digelar setiap tahunnya dengan antusiasme dari siswa SLTA sebagai generasi muda guna mendukung upaya pemerintah mencapai target netralitas karbon secara optimal di tahun 2060. Melalui program ini, Toyota ingin meningkatkan peran aktif anak muda, khususnya siswa SLTA melalui ide-ide pelestarian lingkungan yang kreatif dan inovatif.

Para peserta juga akan mendapatkan workshop serta mentoring dan dana pembinaan dari Toyota Indonesia sekaligus Eco Apps bagi 3 sekolah terbaik. Peserta mengirimkan proposal berdasarkan tiga kategori utama, yaitu Alternatif Energi, Alternatif Material, dan Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab.

Pada Toyota Eco Youth ke-12 yang dilaksanakan pada 2022 mengumumkan SMAN Bali Mandara sebagai juara 1 dengan inovasi Bioghum (Bio-Briquettesfrom Sorghum Waste): Pemanfaatan Limbah Tanaman Sorgum (Sorghum Bicolor L.) Sebagai Alternatif Bahan Bakar Padat Yang Ramah Lingkungan Dengan Konsep Circular Economy.

Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam mengatakan, generasi muda sebagai SDM unggul memegang peranan penting bagi Pembangunan sebuah bangsa, karakter dan semangat nasionalisme yang kuat, integritas yang tinggi, serta mampu memahami pengetahuan dan teknologi menjadi alat perjuangan guna bersaing secara global.

“Semua hal ini adalah faktor penting yang harus dimiliki anak muda untuk bangsa dan negaranya. Toyota Eco Youth hadir bertujuan untuk memberikan semangat bagi generasi muda dalam merealisasikan inovasi dan kreasi gerakan kepedulian lingkungan. Sehingga dapat menghadapi tantangan masa depan netralitas karbon melalui aktivitas bermanfaat dan berdampak positif bagi lingkungan sekitar,” ucapnya.
Mengerikan! Ini Dampak Perubahan Iklim yang Ancam Hidup Manusia, Saatnya Anak Muda Lindungi Bumi

Salah satu eco apps yang bisa diinstall melalui smartphone android, inovasi karya SMAN 2 Semarapura, Bali. (Foto: dok Toyota Eco Youth)

Toyota Eco Youth menjadi bukti bahwa anak-anak muda juga turut berkontribusi untuk peduli dan melindungi bumi. Program ini akan terus mengajak seluruh anak muda Indonesia untuk melakukan inovasi-inovasi dalam upaya mencapai netralitas karbon.

Selain mendukung upaya netralitas karbon melalui program Toyota Eco Youth, Toyota juga melakukan berbagai inovasi dalam perkembangan bisnisnya. Melalui kampanye It’s Time For Everyone, Toyota menciptakan kendaraan elektrifikasi bersamaan dengan Toyota xEV Ecosystem sebagai bentuk komitmen mendukung mobilitas pelanggan dan mengajak masyarakat lebih peduli untuk menekan emisi karbon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)