Apple Watch Bakal Punya Touch ID dan Kamera Bawah Layar?

Sabtu, 19 Desember 2020 - 08:01 WIB
loading...
Apple Watch Bakal Punya Touch ID dan Kamera Bawah Layar?
ilustrasi Apple Watch. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - Apple dikabarkan tengah meneliti bagaimana jika mereka menambahkan Touch ID dan kamera di bawah layar untuk jam tangan pintar -nya Apple Watch. (Baca: KPK Tetapkan Menteri KKP Edhy Prabowo Tersangka)

Kabar tersebut terlihat dari paten yang baru saja diterbitkan. Paten pertama diberikan oleh U.S Patent and Trademark Office (USPTO) berjudul "Electronic device having sealed button biometric sensing sytem." Baca Juga - Fakta Rolex Green Submariner di Lingkaran Dugaan Korupsi Edhy Prabowo

Dikutip dari laman MacRumors, Kamis (17/12/2020), paten ini menjelaskan bagaimana sensor Touch ID bisa diintegrasikan dengan tombol samping Apple Watch, serta apa saja fungsinya.

Prosesor dapat menerapkan identifikasi biometrik untuk beberapa tujuan, misalnya, identifikasi pengguna, pembukaan kunci perangkat, dan otorisasi aplikasi.

Sangat wajar jika fitur ini akan hadir di Apple Watch masa depan. Sebab, selama ini Apple Watch mengandalkan password untuk mengamankan perangkatnya.

Otentikasi biometrik bisa menyediakan tingkat keamanan yang lebih superior untuk perangkat atau saat melakukan transaksi menggunakan Apple Pay.

Implementasinya akan mirip dengan Touch ID di iPad Air generasi terbaru yang ditempatkan di tombol power, yang membuktikan bahwa ukuran sensor bisa terus dikecilkan.

Pengajuan paten kedua berjudul 'Electronic devices with two-stage display.' yang dilihat oleh AppleInsider.

Paten ini menjelaskan bagaimana display bisa ditumpuk untuk mengakomodasi kamera dan flash yang hanya bisa dilihat saat diperlukan.

Teknologi two-stage display juga bisa diterapkan di perangkat lain seperti iPhone. Tapi menariknya paten ini hanya fokus untuk Apple Watch.

Teknologi ini bekerja dengan menggunakan pixel array sebagai lapisan pertama untuk menampilkan gambar, dan lapisan kedua dengan array sel modulator cahaya yang bisa menjadi transparan atau menghalangi cahaya.

Beberapa sel ini bisa diubah ke mode transparan untuk membuat 'jendela' yang memungkinkan kamera untuk berfungsi.

"Jika dibutuhkan untuk mengambil foto, sirkuit kontrol di perangkat elektronik untuk sementara akan menempatkan shutter dalam mode transparan untuk memungkinkan cahaya dari flash dan/atau cahaya yang dicitrakan kamera untuk lewat," tulis paten tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3461 seconds (0.1#10.140)