Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Anda Menerjang banjir!

Rabu, 30 Juni 2021 - 22:25 WIB
loading...
A A A
4. Kabel dan Sekering

Kabel dan sekering merupakan peranan untuk menunjang sistem kelistrikan mobil. Meski sudah di lindungi dengan balutan karet yang menahan air masuk ke dalam kabel dan sekring. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek kembali untuk menghindari korsleting dan kerusakan yang berlanjut pada kelistrikan mobil.

5. Filter Udara

Filter udara memiliki tugas untuk menjaga dan menyaring aliran udara dan kotoran yang masuk ke ruang bakar. Jika mobil mengalami kebanjiran, pastikan untuk tidak segera menyalakan mobil. Hal ini disebabkan karena filter udara sudah basah. Namun, jika Anda memaksakan diri untuk menyalakan mobil maka akan terjadi water hammer yang mengakibatkan turun mesin.

6. Oli

Ada baiknya jika setelah Anda menerjang banjir lakukan pengecekan pada oli mesin, oli matik atau oli gardan. Jika didapati cairan yang berwarna seperti coklat susu segera ganti oli dengan yang baru. Hal ini disebabkan karena oli yang sudah tercampur dengan air. Jika tidak diganti maka dapat menyebabkan kerusakan fatal akibat kommponen mesin mengalami keausan.



7. Radiator

Lakukan pengecekan pada sistem pendingin radiator setelah melewati jalanan banjir. Caranya gampang Anda tinggal bersihkan radiator menggunakan air bersih bertekanan rendah. Selain itu perlunya untuk menguras air radiator dan isi dengan yang baru supaya tidak menganggu proses pendingnan mesin agar tidak mengalami overheat yang sangat merepotkan Anda nantinya.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)