Cara Mengetahui Kapan Waktunya Anda untuk Mengganti Ban Mobil

Kamis, 19 Agustus 2021 - 19:27 WIB
loading...
A A A
3. Sudah menempuh jarak 40 ribu km

Jika mobil Anda sering digunakan harian dan menempuh jarak yang jauh dan banyak rintangan, ada baiknya mengganti ban setiap 3 tahun atau pada setiap jarak tempuh 40.000km. Mana yang tercapai lebih dahulu.

Meskipun ban terlihat masih tebal dan kokoh, namun sebenarnya ban sudah berkurang elastisitasnya dan perlahan mulai mengalami keausan. Dampaknya berasa bahwa pengendalian tidak senikmat dengan penggunaan ban baru.

4. Kondisi ban sudah banyak tambalan

Hal ini juga patut menjadi pertimbangan. Pasalnya ban yang sudah terdapat banyak tambalan dapat berpotensi tidak awet dan perlahan berkurang nya kekuatan dalam ban yang dapat menyebabkan bocor kembali. Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan maka lakukanlah penggantian ban dengan yang baru.

5. Perhatian batas ketebalan ban TWI (Tread Wear Indicator).

Perhatikanlebih detai kondisi ban Anda, terutama pada alur ban biasanya terdapat garis tingah pemisah. Itu berfugsi sebagai acuan atau tanda membaca ketebalan TWI (Tread Wear Indicator).



Jika ketebalan ban sudah menyentuh batas tersebut, maka itu menjadi acuan bahwa ban sudah mencapai batas toleransi keausan dan segera lakukan penggantian

6. Ditemui kondisi ban retak-retak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2507 seconds (0.1#10.140)