Catat, Ini Cara Atasi Ban Tubeless Kena Paku di Jalan

Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:01 WIB
loading...
Catat, Ini Cara Atasi Ban Tubeless Kena Paku di Jalan
Terkadang ada saja kendala yang ditemui, seperti ban tubeless tertusuk paku. FOTO Ilustrasi/ IST
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara mengatasi ban tubeless saat kena paku di jalan. Ban tubeless sendiri memang memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan versi biasa atau tubetype.

Salah satu keunggulan ban tubeless adalah adanya fluid sealant di dalamnya. Dengan fluid sealant, bagian ban yang terkena akan dirapatkan dan dipadatkan sehingga meminimalisir angin keluar.

Namun terkadang ada saja kendala yang ditemui, seperti ban tubeless tertusuk paku. Nah, meskipun relatif lebih kuat, ban yang terkena paku tak boleh hanya didiamkan saja. Sebab lama kelamaan ban tubeless bisa kehabisan angin. Parahnya lagi, anginnya bisa hilang mendadak saat berkendara kalau ban tubeless dibiarkan bocor.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memperbaiki ban tubeless yang terkena paku. Dikutip dari Auto2000, Rabu (13/10/2021), berikut selengkapnya.

1. Menggunakan cairan anti bocor.

Di dalam setiap pembelian ban tubeless akan mendapatkan cairan anti bocor. Cairan ini bisa dioleskan bagian ban yang bocor.

Tunggu beberapa waktu, kemudian cairan akan menutup lubang akibat tertusuk. Namun ini juga bukan cara yang paling tepat. Efek yang diberikan hanya sementara saja.

Bahkan cairan anti bocor bisa merusak permukaan velg bagian dalam karena kandungan pH-nya terhitung berbahaya dan bisa membuat velg berkarat.

2. Langsung cabut paku.

Pada dasarnya ban tubeless tidak akan langsung kehilangan angin. Berbeda dengan ban biasa. Namun jangan mendiamkan paku tertancap terlalu lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)