Tips Mencegah Motor Mogok saat Berkendara di Musim Hujan

Minggu, 24 Oktober 2021 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Terdapat cara sederhana yang dapat Anda lakukan ketika karburator kemasukan air. Caranya dengan menutup kran saluran bensin dari tangki ke karburator, lalu putar baut pembuangan dengan posidi berlawanan arah jarum jam.

Kemudian biarkan air tersebut keluar lalu buka kembali kran dan putar baut searah jarum jam dengan maksimal.

Jika cara itu merepotkan maka segeralah ke bengkel untuk melakukan perbaikan supaya motor dapat dihidupkan kembali

3. Cek Knalpot Motor

Jika musim hujan tiba air yang terciprat atau tergenang bisa saja memasuk dan membasahi knalpot. Jika sampai air masuk ke knalpot, sudah bisa dipastikan kalau sepeda motor akan mogok.

Untuk memastikan knalpot Anda tidak kemasukan air maka gunakan bantuan standar tengah serta kayu penyangga. Kemudian Anda tinggal menunggu air tersebut keluar. Maksimalkan cara tersebut dengan menyalakan motor Anda agar air keluar dengan cepat.



4. Periksa Kondisi Kelistrikan

Kelistrikan pastinya sangat rentan bila terkena air. Terutama air hujan yang memiliki zat asam. Hal itu tentunya tidak hanya membuat motor Anda mogok saja, namun diperparah dengan timbulnya konslet, karat dan korosi.

Periksa juga kepala aki, apakah terdapat korosi. Jika iya bersihkan sampai bersih karena bila dibairkan dapat menghambat arus kelistrikan pada motor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3192 seconds (0.1#10.140)