Sejarah 9 Tahun Suzuki Ertiga, Ada Versi Diesel Hybrid, Sport, Hingga Dreza yang Mewah

Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:03 WIB
loading...
Sejarah 9 Tahun Suzuki Ertiga, Ada Versi Diesel Hybrid, Sport, Hingga Dreza yang Mewah
Sejak dirilis, Ertiga langsung jadi kendaraan keluarga yang bisa bersaing dengan duet Avanza-Xenia hingga Nissan Grand Livina. Foto: dok Suzuki Indonesia
JAKARTA - Ertiga merupakan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalan Suzuki Indonesia yang hadir sejak 2012. Namanya diambil dari kata "mengERTI keluarGA", atau "R3" yang artinya mobil dengan 3 baris.

Sejak dirilis, Ertiga langsung jadi kendaraan keluarga yang bisa bersaing dengan duet Avanza-Xenia hingga Nissan Grand Livina. Selama 9 tahun berada di Indonesia, Ertiga memiliki catatan perjalanan menarik.

BACA JUGA: 12 Alasan Memilih Honda City Hatchback RS untuk Mobil Harian

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengatakan, pihak Suzuki terus berupaya menyempurnakan Ertiga sebagai salah satu backbone penjualan kendaraan penumpang Suzuki Indonesia. ”Inovasi Ertiga di setiap generasinya juga sebagai apresiasi kepada pelanggan agar bisa memiliki kendaraan dengan teknologi terbaru dan harga kompetitif,” terang Donny.



Selama 9 tahun di Indonesia, Suzuki mencatatkan angka penjualan All New Ertiga mencapai 314.531 unit, dan ekspor ke 36 negara mencapai 103.744 unit.
Pada 2021, All New Ertiga berhasil menguasai pangsa pasar LMPV sebesar 9%, dan berkontribusi 12% terhadap penjualan nasional Suzuki Indonesia. Berikut sejarah Ertiga di Indonesia:

Generasi Pertama
Sejarah 9 Tahun Suzuki Ertiga, Ada Versi Diesel Hybrid, Sport, Hingga Dreza yang Mewah

Ertiga pertama dikenalkan di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 sebagai concept car dengan nama R-III. Dua tahun setelahnya, Suzuki resmi memasarkan Ertiga langsung jadi primadona baru. Dalam perjalanan Ertiga generasi pertama, Suzuki melakukan 2 kali penyegaran tampilan atau facelift. Yakni pada 2013 dan 2015.

Pada 2013, Suzuki menghadirkan pilihan transmisi otomatis dan menyematkan fitur AC Double Blower ke dalam varian Ertiga GL dan GX. Kemudian pada 2015, Suzuki menghadirkan New Ertiga dengan perubahan pada eksterior seperti bumper, gril, pelek, dan lampu bagian belakang yang mendapat tambahan reflektor.

Sejarah 9 Tahun Suzuki Ertiga, Ada Versi Diesel Hybrid, Sport, Hingga Dreza yang Mewah

Di tahun yang sama Suzuki juga meluncurkan Suzuki Ertiga Dreza yang memiliki tampilan mewah sebagai alternatif pilihan dalam menjangkau pasar lebih luas.

New Ertiga Diesel Hybrid
Sejarah 9 Tahun Suzuki Ertiga, Ada Versi Diesel Hybrid, Sport, Hingga Dreza yang Mewah

Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid dirilis sebagai alternatif pada 2017. New Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System) dan mampu mengeluarkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.
halaman ke-1
Berita Terkait
Catatan Penjualan Suzuki Sepanjang Januari - Oktober 2021
Ini 13 Hal Baru di Suzuki Ertiga yang Bisa Alihkan Perhatian dari Avanza dan Xpander
Cuma Satu Pilihan Warna, All New Ertiga Suzuki Sport FF Diproduksi Terbatas
Harga, Spesifikasi, dan Ubahan di All New Ertiga Suzuki Sport FF
Terkenal Irit dan Bandel, All New Ertiga Laris di Dalam dan Luar Negeri
Adu Mesin Honda BR-V Baru dengan XL7, Rush-Terios dan Xpander Cross, Mana yang Paling Tangguh?
Jangan Sembarangan, Begini Cara Memanaskan Mobil dengan Benar
Xpander Jadi yang Terlaris di Tengah Kepungan Low MPV Harga Kompetitif
Mobil Vs RX King di Serpong, Biker Tewas Terpental
Ertiga, Kijang, dan Macan, Tiga Nama-Nama Mobil dari Bahasa Indonesia
Komentar Anda
OTO UPDATE