8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Bisa Berakibat Fatal!

Kamis, 24 Februari 2022 - 17:55 WIB
loading...
A A A
4. Gangguan pada Rem Tromol
Masalah rem mobil lainnya yakni cakram dan tromol yang kotor. Cara mengatasinya yakni dengan cara membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan rem. Maka kinerja rem tromol pun akan kembali normal. Jadi, pastikan rem Anda tidak terhalang tumpukan kotoran.

5. Terkena Oli
Penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak bisa disebabkan tetesan oli. Oli yang menetes dan mengenai cakram rem bisa membuat rem kurang pakem sehingga memicu bunyi pada saat pengereman dan menurunkan perfoma pengereman.

Kondisi ini akan membahayakan keselamatan saat berkendara. Untuk itu, segera bersihkan oli yang menempel pada cakram rem Anda.



6. Terkena Percikan Air
Ternyata piringan cakram yang terkena percikan air menjadi salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak. Biasanya masalah ini timbul di musim penghujan.

Percikan air kemudian mengenai sistem pengereman dan mengikis pelumas rem.

Sebaiknya Anda segera memberi pelumas tambahan saat sistem pengereman terkena percikan air. Tak perlu khawatir, kondisi seperti ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya karena air akan mengering dengan sendirinya.

7. Gangguan pada Sistem Transmisi
Gangguan pada transmisi merupakan salah satu penyebab rem mobil berbunyi saat diinjak. Poin ini khusus untuk mobil dengan sistem transmisi otomatis. Bunyi berdecit yang muncul pada rem disebabkan oleh sistem transmisi yang tertahan karena Anda menginjak pedal rem.

8. Kotoran menumpuk pada cakram rem
8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Bisa Berakibat Fatal!

Rem mobil yang kotor dapat menjadi penyebab mobil bunyi saat diinjak. Semakin sering digunakan, peluang rem mobil menjadi kotor pun semakin besar.

Jika kotoran tersebut menumpuk, maka akan menghalangi cakram dan kampas rem. Hasilnya, rem akan berdecit saat pedal rem diinjak. Cara mengatasinya adalah rutin bersihkan cakram rem, pastikan tidak ada lagi kotoran yang melekat dan mengganggu gerak cakram rem.i
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)