Cara Cek SIM Asli atau Palsu dengan Mudah, Simak Tips Ini!

Senin, 28 Februari 2022 - 15:17 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan dokumen SIM yang asli, Smart SIM yang palsu memiliki tulisan “Kepolisian Negara Republik Indonesia” yang cenderung sedikit pudar dan tidak tajam seperti yang asli. Tulisan ini akan dengan jelas terbaca oleh petugas Kepolisian yang melakukan razia.

3. Latar Foto

Pada dokumen Smart SIM yang asli, kolom foto akan menggunakan latar foto dengan lambang Polri di dalamnya. Sementara pada SIM palsu, biasanya tidak memiliki lambang Polri pada kolom tersebut. Kalaupun terdapat lambang Polri di dalam kolom foto bisa dilihat bahwa itu diperoleh dari hasil editan saja.



4. Nomor SIM

Cara paling ampuh untuk mengecek keasliannya adalah dengan mengecek nomor SIM-nya. Dokumen SIM yang asli tentunya nomor SIM tersebut terdata pada database milik kepolisian. Cara Cek SIM C terdaftar atau tidak ini biasanya akan dilakukan oleh pihak Kepolisian langsung saat pemilik terjaring razia.

5. Barcode Tidak Teregistrasi

Contoh gambar SIM palsu seperti berikut ini memang memiliki barcode seperti SIM asli pada umumnya. Namun barcode ini tidak teregistrasi serta hanya sebagai penghias saja.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)