Cara Membaca Ukuran Pelek Mobil Agar Tidak Offset

Selasa, 01 Maret 2022 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Angka 5 artinya jumlah baut pada pelek tersebut ada 5 biji. Sedangkan 112 menandakan bahwa jarak antara lubang baut roda pada pelek dengan satuan mm alias Pitch Center Diameter (PCD). Artinya, pelek tersebut membutuhkan 5 baut yang dipasang dalam jarak 112 mm.

3. ET

ET30 menunjukkan jumlah offset dalam milimeter. Offset disini adalah penyimpangan posisi lubang hub terhadap garis tengah pelek jika dilihat dari sisi depan. ET ini akan menunjukkan offset pelek saat dipasang di mobil.

Jika pelek menggunakan ET30 maka ban akan terlihat menjorok ke dalam bodi mobil, sedangkan ET-30 akan mendorong ban terlihat lebih keluar dibandingkan bodi mobil.



Cara Membaca Ukuran Pelek Mobil Agar Tidak Offset


Kesimpulannya, membaca ukuran pelek untuk penggantian pelek dengan produk yang sama memang mudah. Pemilik mobil tinggal menyesuaikan dengan kode-kode yang ada.

Berbeda jika Anda ingin menggantinya dengan pelek di luar standar atau bawaan.Memang hal ini akan sedikit membingungkan bagi pemilik mobil yang tidak terbiasa gonta-ganti pelek mobil. Langkah terbaik memang adalah mengkonsultasikannya pada bengkel variasi khususnya pelek mobil yang Anda percayai.

Namun sebagai gambaran ada sedikit cara yang paling mudah dilakukan untuk pengukuran offset pelek mobil. Cara yang paling aman adalah Anda harus memilih pelek 5 angka lebih lebar dibanding offset pelek standart.

Jadi ukur dulu offset pelek standar Anda, baru kemudian sesuaikan dengan menambah 5 angka dari offset pelek atermarket yang Anda incar. Selamat mencoba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2789 seconds (0.1#10.140)