Ini Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Biar Kembali Stabil

Minggu, 13 Maret 2022 - 20:43 WIB
loading...
A A A
Penyebab stang motor goyang bisa juga karena ada kerusakan pada bagian velg. Bisa saja velg mengalami peyang akibat menghantam lubang ketika kecepatan tinggi.

Untuk mengetahui kondisi velg masih stabil, pasang standar dua motor lalu putar ban motor. Perhatikan dari bagian depan, jika bergoyang sudah bisa dipastikan velg bermasalah.

Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah velg adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan velg yang ukurannya sesuai standar motor Anda.

3. Komstir Longgar

Komstir adalah bagian dari kendaraan yang sangat penting dalam pengendalian laju motor. Letaknya terdapat pada rangka motor bagian depan, yakni di antara segitiga garpu.



Kerusakan yang biasanya terjadi adalah komstir menjadi longgar dan menyebabkan stang sulit untuk digerakkan. Tanda-tanda yang terasa adalah stang menjadi goyang dan sulit untuk dibelokkan. Ketika Anda ingin belok, stang terasa akan berjalan lurus.

Untuk mengembalikan stir motor agar tidak goyang, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

4. Bearing Roda

Bearing terdapat pada bagian tengah roda yang berfungsi untuk membuat as roda tidak bergesekkan secara langsung dengan rumah roda. Bearing roda juga akan membuat putaran roda jadi lebih stabil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5002 seconds (0.1#10.140)