Cara Merawat Knalpot Motor dengan 7 Langkah Mudah

Selasa, 29 Maret 2022 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Knalpot yang tidak bersih menyebabkan kerak, dan kerak ini menebal seiring waktu, sehingga menyebabkan karat. Anda bisa mencegahnya dengan menyiram knalpot setelah terkena air bersih dari genangan air atau hujan.

Pipa knalpot sepeda motor dapat dirawat secara maksimal setelah terkena air hujan dengan membilas pipa knalpot dengan air bersih kemudian dikeringkan. Anda kemudian dapat menyemprotkan cairan anti korosi untuk mencegah korosi pada knalpot.

Jika knalpot memiliki penutup yang tebal, Anda dapat membersihkan knalpot dengan membilasnya.

2. Memanaskan Mesin Secukupnya

Perawatan knalpot lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanaskan mesin secukupnya saja. Pemanasan mesin motor dapat mengoptimalkannya.

Cara ini relatif efektif bila digunakan pada sepeda motor 4 tak dimana knalpot kendaraan tidak cepat menguning atau berkarat karena panas dari mesin.

Memanaskan mesin dalam waktu lama dapat berdampak buruk pada mesin. Beberapa hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin lama waktu pemanasan mesin, semakin kuning knalpotnya. Anda bisa mencegahnya dengan memanaskan mesin secukupnya.

3. Mengecek Bahan Pembuatan Knalpot

Knalpot terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada knalpot yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores. Cara membersihkannya bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menyebabkan terjadinya goresan. Jika pada knalpot Anda yang berbahan chrome terdapat noda membandel, bersihkan dengan menggunakan oli bekas. Pastikan oli bekas yang Anda gunakan masih baik, agar hasilnya optimal.

Cara Merawat Knalpot Motor dengan 7 Langkah Mudah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2708 seconds (0.1#10.140)