Ini 4 Penyebab Starter Mobil Berat yang Perlu Diperhatikan

Selasa, 07 Juni 2022 - 14:12 WIB
loading...
A A A
Dalam beberapa kasus, pengendara terkadang tidak memperhatikan kondisi aki mobilnya. Akibatnya, aki mobil bisa soak tanpa sepengetahuannya. Keadaan ini akan berdampak pada munculnya masalah seperti starter mobil yang terasa berat.

Maka dari itu, hendaknya pemilik kendaraan bisa memeriksa kondisi aki secara berkala. Apabila sudah hampir habis, lebih baik segera ganti dengan yang baru.

3. Karburator Basah

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, masih terdapat beberapa jenis mobil yang menggunakan karburator. Komponen ini juga bisa menjadi penyebab starter mobil berat.

Hal ini biasanya terjadi ketika karburator terkena air dan berakhir basah. Pada kondisi ini, pemilik kendaraan perlu melepasnya dan memeriksa kondisinya. Apabila dirasa terlalu basah, maka pengendara perlu menyetel ulang bagian pelampungnya. Tujuannya agar karburator kembali normal seperti sedia kala.

4. Melemahnya Komponen Pompa Bensin

Kondisi pompa bensin yang melemah juga bisa menyebabkan starter mobil terasa berat. Biasanya, hal ini terjadi karena fuel pump tidak bekerja optimal. Sehingga penyaluran bahan bakar menjadi kacau atau tidak seimbang.

Pada keadaan ini, pengendara wajib memeriksa komponen fuel pump. Apabila sudah dirasa tidak memungkinkan, ganti komponen ini dengan yang baru untuk mendapat performa normal seperti sebelumnya.

Demikian ulasan mengenai penyebab starter mobil berat yang wajib diketahui pengendara. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)