Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri, Wajib Diketahui

Kamis, 16 Juni 2022 - 16:38 WIB
loading...
A A A
Kerusakan tersebut akibat dari keausan atau munculnya karat pada bagian kaki-kaki roda ban mobil. Inilah yang menyebabkan setir kemudi mobil terkadang bergerak ke kanan maupun kiri. Sehingga dalam mengendalikan mobil akan menjadi sulit.

3. Bagian Understeel yang Tidak Stabil

Tidak hanya rusak, bagian understeel ini juga bisa tidak stabil. Ini dikarenakan pengemudi yang biasanya selalu mengendarai mobil secara sembarangan atau ugal-ugalan. Melaju dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata atau menerobos jalanan yang berlubang akan menjadi pemicu kaki-kaki mobil yang tidak stabil.

Apabila pengemudi selalu berkendara dengan gaya seperti ini, tidak heran jika setir mobil jadi selalu ke kiri. Understeel yang tidak stabil pastinya membuat setir mobil menjadi sulit dikendalikan, bahkan membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.

Baca juga : Alasan Setir Mobil Harus Lurus saat Parkir

4. Sudut Toe yang Terlalu Lebar

Sudut toe adalah posisi kelurusan roda jika dibandingkan dengan garis horizontal saat dilihat dari atas mobil. Sudut ini penting untuk berada dalam sudut yang normal, agar setir tetap bisa dikendalikan. Sudut toe yang terlalu mengarah ke dalam atau ke luar akan menyebabkan setir terasa menarik ke arah kiri atau kanan.

Terdapat dua jenis sudut toe yaitu toe-in dan toe-out. Sudut toe-in adalah kondisi roda depan menguncup ke bagian dalam. Sudut toe-out adalah kondisi roda depan membuka ke luar. Ketika dua sudut ini berlebihan atau terlalu lebar, putaran roda akan menyeret ke sisi sebaliknya dan mobil jadi sangat sensitif terhadap putaran kemudi.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)